Jumat 24 Sep 2021 10:37 WIB

7 Minuman Sehat yang Baik Bagi Tubuh 

Banyak alternatif minuman pengganti teh atau kopi di pagi hari yang sehat bagi tubuh.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Teh jahe (ilustrasi)
Foto: Pixabay
Teh jahe (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Kebanyakan orang senang memulai hari dengan secangkir teh atau kopi. Dilansir dari hindustantimes pada (24/9), dalam jumlah sedang, kafein sebenarnya bisa baik untuk Anda. 

Minum beberapa cangkir teh atau kopi dalam sehari dapat mengaktifkan sistem saraf pusat Anda dan meningkatkan daya ingat dan konsentrasi Anda. Namun, jika Anda menyeruput lebih dari empat cangkir kopi dalam sehari, itu dapat menyebabkan masalah seperti kecemasan, agitasi, kegelisahan, insomnia, peningkatan tekanan darah, kantuk dan sebagainya.

Baca Juga

Berikut minuman alternatif kopi maupun teh yang menyehatkan : 

Kombucha

Kombucha adalah minuman teh yang difermentasi dan menyehatkan.  Ini mengandung antioksidan yang dapat membunuh bakteri berbahaya, kaya akan probiotik yang bermanfaat dan memiliki berbagai manfaat kesehatan. Terbuat dari teh hitam yang difermentasi dengan bakteri, ragi dan gula. Kombucha adalah salah satu cara sempurna untuk memulai pagi Anda.

Teh Matcha

Seperti teh hijau, matcha juga berasal dari tanaman Camellia sinensis. Namun, tumbuh secara berbeda dan memiliki profil nutrisi yang unik. 

Setelah panen daun teh, kemudian digiling menjadi bubuk halus yang dikenal sebagai matcha. Jadi, saat menyeruput matcha, Anda sebenarnya mengonsumsi seluruh daunnya, yang berarti Anda akan mendapatkan suplai antioksidan yang lebih baik.  Selain itu, ia juga memiliki manfaat kesehatan lainnya. Matcha membantu dalam menurunkan berat badan, melindungi hati, meningkatkan fungsi otak, dapat membantu mencegah kanker dan kesehatan jantung.

Susu Kunyit 

Minuman hangat ini adalah campuran rempah-rempah yang menyegarkan seperti jahe, kayu manis, kunyit dan lada hitam.  Bahan-bahan lain seperti vanilla dan madu bisa menjadi tambahan tambahan untuk rasa yang lebih enak. Minuman ini terkenal karena banyak manfaat kesehatannya dan sering digunakan untuk meningkatkan kekebalan dan menyembuhkan penyakit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement