Kamis 23 Sep 2021 16:38 WIB

CDC Ungkap Daftar Makanan Baru yang Sebabkan Wabah Samonela

Ahli menyebut tak mungkin sepenuhnya melindungi diri dari penyakit bawaan makanan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Salmonella
Foto: Ars Technica
Salmonella

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Daging dan sayuran tertentu dapat terkontaminasi dengan beberapa bakteri jahat. Namun, laporan baru yang agak menakutkan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan (CDC) Amerika Serikat (AS) merinci sejumlah makanan baru yang telah menyebabkan wabah patogen seperti E.coli dan salmonela.

Beberapa makanan baru yang paling mengkhawatirkan termasuk tepung, gula, dan rempah-rempah, karena ini adalah makanan yang benar-benar tidak dapat Anda cuci untuk menghilangkan bakteri. Makanan lain dalam daftar berkisar dari kacang-kacangan, termasuk kacang mete, pistachio dan kacang pinus, hingga berbagai jenis ikan hingga buah-buahan, seperti blueberi, pepaya, apel, dan delima.

Sayangnya, para ahli mengatakan, tidak mungkin untuk sepenuhnya melindungi diri dari penyakit bawaan makanan yang terkait dengan beberapa produk ini. “Saya pikir yang utama adalah terus mempraktikkan keamanan pangan yang baik dan menyadari dari mana makanan itu berasal,” kata Jennifer Cholewka, koordinator klinis lanjutan dukungan metabolisme dan nutrisi di Rumah Sakit Mount Sinai seperti dilansir di laman Today, Kamis (23/9).

Dr Cynthia Sears, spesialis penyakit menular dan profesor kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Johns Hopkins menjelaskan rempah-rempah yang diproduksi di dalam negeri cenderung menjadi taruhan yang lebih aman daripada yang diimpor. "Itu karena biasanya rempah-rempah di sini disinari,” ujarnya.

Dr Claire Panosian Dunavan, seorang profesor kedokteran emeritus di divisi penyakit menular di David Geffen School of Medicine di University of California, Los Angeles mengatakan buah-buahan beku juga dapat terkontaminasi. Dunavan menunjuk wabah pada daftar yang dilacak ke buah delima yang merupakan bagian dari campuran buah beku yang dikumpulkan dari seluruh dunia dan dijual di Costco sebagai contoh yang baik. 

Untungnya, karena perusahaan tahu siapa semua pembeli yang bisa dihubungi dengan peringatan. "Banyak orang menggunakan campuran beku dalam smoothie. Smoothie adalah salah satu makanan yang bisa membuat orang bermasalah," kata Dunavan. 

Dia menyebut pembekuan tidak membunuh salmonela, norovirus, atau berbagai virus lainnya. Dalam hal ini, campuran buah-buahan yang terkontaminasi hepatitis A. 

"Sisi positifnya adalah banyak orang yang bisa divaksinasi hepatitis A sebelum mereka sakit karena virus memiliki masa inkubasi yang lama," ujarnya.

Para ahli setuju hampir tidak mungkin untuk melindungi diri dari semua penyakit bawaan makanan. Jadi penting untuk mengetahui gejalanya.

"Tanda-tandanya termasuk mual serius, muntah dan diare lebih dari lima hingga enam kali dalam sehari, serta kesulitan menahan cairan," kata Sears. 

Dehidrasi adalah masalah terbesar dari penyakit itu. Anda harus menghubungi dokter Anda jika memiliki gejala tersebut karena Anda mungkin perlu masuk untuk beberapa hidrasi IV.

Dalam beberapa kasus, gejala neurologis bisa menjadi tanda peringatan. "Ini termasuk mati rasa, kesemutan, perasaan lumpuh," kata dia.

Sebagian besar tandanya adalah demam dan kedinginan. "Bisa ada diare dan hanya merasa tidak enak badan. Orang sering menunda pergi ke dokter dan itu terutama berlaku sekarang di masa Covid-19. Saya ingin menekankan penting untuk mencari bantuan medis bahkan sekarang," jelas Sears.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement