Kamis 23 Sep 2021 15:58 WIB

Ingin Tetap Segar Saat Bangun tanpa Kopi? Begini Caranya

Kebanyakan orang tidak minum cukup cairan saat bangun pagi.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Meminum kopi (ilustrasi)
Foto: healthliving
Meminum kopi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat ini sudah banyak masyarakat yang mulai kembali bekerja di kantor setelah berbulan-bulan bekerja dari rumah selama pandemi. Jika rasanya kafein dalam jumlah besar diperlukan untuk melewati semuanya, ahli gizi mengatakan bukan itu masalahnya.

Dilansir di laman Today, Kamis (23/9), Badan Pengawas Makanan dan Obat-obatan (FDA) Amerika Serikat (AS) menyarankan untuk membatasi asupan kafein hingga 400 miligram sehari untuk orang dewasa yang sehat, atau sekitar empat cangkir kopi delapan ons. Lalu bagaimana agar Anda bangun dan tetap terjaga tanpa kopi? 

1. Minum segelas air dingin

Editor kesehatan dan nutrisi NBC News, Madelyn Fernstrom; dan Kristin Kirkpatrick, ahli diet utama di Cleveland Clinic Wellness & Preventive Medicine di Cleveland, Ohio mencantumkan ini sebagai tip teratas mereka. Ini bisa sangat membantu untuk dilakukan segera setelah Anda bangun dari tempat tidur karena dehidrasi sering terjadi saat bangun tidur.

"Kebanyakan orang tidak minum cukup cairan secara umum dan sering mengalami dehidrasi ringan, menyebabkan kelelahan, jadi rehidrasi dengan air dingin adalah pilihan yang bagus," kata Fernstrom. 

Jika Anda bukan peminum air, segelas minuman dingin berkalori rendah adalah nilai tambah. Dingin adalah dorongan menyegarkan untuk memberi energi, tapi lewati minuman manis, yang akan menguras energi Anda setelah dorongan cepat.

2. Gunakan diffuser aromaterapi pada pagi hari

Kirkpatrick menunjuk sebuah studi 2018 yang menemukan aromaterapi dapat mengurangi kelelahan. Dia merekomendasikan menggunakan minyak beraroma lavender pada pagi hari sebelum bekerja, ketika Anda bersiap-siap atau makan sarapan untuk mempersiapkan Anda untuk hari yang akan datang.

"Aroma lain juga dapat memiliki efek yang kuat. Aroma rosemary telah ditemukan untuk membuat orang lebih waspada," ujar dr Uma Naidoo, direktur psikiatri nutrisi dan gaya hidup di Rumah Sakit Umum Massachusetts, mencatat dalam bukunya This is Your Brain on Food.

Baca juga : Tempat-Tempat Ini Berisiko Tinggi Penularan Covid-19

3. Jalan cepat di luar

Fernstrom mengatakan kelelahan mental sering dikacaukan dengan kelelahan fisik, jadi jika Anda merasa lelah, bangun dan bergerak, di luar, jika Anda bisa, untuk menikmati tanaman hijau dan sinar matahari.

4. Pilih makanan rendah glikemik

Makanan tinggi indeks glikemik seperti biji-bijian putih dan minuman manis menyebabkan lonjakan tajam dan penurunan gula darah, yang berdampak pada tingkat energi. Sebagai gantinya, pilihlah makanan rendah glisemik seperti lemak sehat, sumber protein tanpa lemak, dan pilihan karbohidrat rendah seperti sarapan puding chia, wafel rendah karbohidrat dengan selai kacang, atau semangkuk kecil beri campuran dengan yogurt tawar.

5. Makan camilan kombo protein atau karbohidrat

Lewati camilan manis dan hindari sesuatu yang menggabungkan karbohidrat, yang akan memberikan energi langsung, dengan protein, yang ideal untuk bahan bakar yang tahan lama. Fernstrom menyarankan selai kacang pada biskuit atau seledri atau yogurt Yunani

6. Coba teh

Campuran herbal tidak memiliki kafein, sedangkan teh tradisional memiliki kurang dari setengah dari apa yang biasanya ditemukan dalam kopi. Teh hitam adalah pilihan yang baik jika Anda menginginkan sedikit kafein dengan rasa yang lebih kuat. 

Bergantung pada seberapa kuat menyeduhnya, Anda akan mengurangi kafein hingga 50 sampai 65 persen dibandingkan dengan secangkir kopi. Teh mint bebas kafein, tapi beberapa orang senang hanya dengan rasa mint saja.

Baca juga : Nadiem: Kami akan Basmi 3 Dosa dalam Sistem Pendidikan

7. Kurangi kopi menjadi satu cangkir besar sehari

Semakin sedikit kopi yang Anda minum, semakin efektif dalam meningkatkan kewaspadaan. "Otak merespons dengan sangat baik terhadap sejumlah kecil kafein, dan menjadi kebal terhadap banyak kafein," kata Fernstrom.

8. Lakukan peregangan

Untuk meregangkan, cobalah mengangkat tangan Anda ke langit-langit, mengangkat bahu Anda setinggi mungkin, dan duduk naik turun di kursi Anda hanya dengan menggunakan kaki Anda. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement