Tuesday, 13 Rabiul Awwal 1443 / 19 October 2021

Tuesday, 13 Rabiul Awwal 1443 / 19 October 2021

5 Hal yang Harus Dihindari Saat Perut Kosong

Senin 20 Sep 2021 06:51 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda

Kopi (ilustrasi). Minum kopi dalam keadaan perut kosong bisa membuat tidak mood sepanjang hari.

Kopi (ilustrasi). Minum kopi dalam keadaan perut kosong bisa membuat tidak mood sepanjang hari.

Foto: PixaHive
Saat perut kosong, sebaiknya hindari asupan kopi, jus jeruk, hingga berolahraga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menikmati secangkir kopi sebelum beraktivitas di pagi hari menjadi salah satu rutinitas wajib bagi sebagian orang. Namun, minum kopi saat perut masih kosong bisa memicu masalah pencernaan.

Peneliti kesehatan asal India, dr Kriti Soni, mengatakan bahwa saat perut kosong, tubuh lebih membutuhkan asupan makanan yang bisa diubah menjadi energi dan nutrisi. Karena itulah, kopi harus dihindari sebelum sarapan.

Lebih lanjut, dr Soni membagikan beberapa hal yang harus dihindari untuk dikonsumsi atau dilakukan saat perut kosong. Berikut uraiannya, seperti dikutip dari The Indian Express, Senin (20/9).

1. Kopi
Kopi, bahkan tanpa kafein, cenderung membuat asam lambung dan dapat menyebabkan mulas atau masalah pencernaan lainnya jika dikonsumsi saat perut kosong. Seseorang yang melewatkan sarapan pagi dan menjadikan kopi sebagai pengganti, bisa mengalami penurunan produksi serotonin dan membuat penurunan mood sepanjang hari.

2. Mengunyah permen karet
Mengunyah permen karet menghasilkan asam pencernaan yang dapat merusak lapisan halus perut. Jika Anda mengunyah terlalu banyak permen karet dalam perut kosong, maka itu dapat menyebabkan gastritis.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA