Jumat 17 Sep 2021 06:29 WIB

Ini Manfaat Terbesar Makan Buah Blewah

Buah blewah merupakan jenis melon yang kaya akan gizi.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Buah blewah merupakan jenis melon yang kaya akan gizi.
Foto: Wikimedia
Buah blewah merupakan jenis melon yang kaya akan gizi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Buah blewah seringkali digunakan untuk membuat sajian es buah yang menyegarkan. Blewah juga terasa lezat bila dikonsumsi langsung atau bersamaan dengan potongan buah-buahan lain. Selain lezat dan menyegarkan, blewah ternyata memiliki manfaat kesehatan yang sangat baik untuk mata.

"Blewah merupakan jenis melon kaya gizi yang kurang mendapatkan perhatian karena manfaat kesehatannya," pungkas ahli gizi Trista Best MPH RD LD dari Balance One Supplements, seperti dilansir EatThis, Kamis (16/9).

Baca Juga

Banyak orang yang mungkin belum menyadari bahwa konsumsi blewah sangat baik untuk menunjang kesehatan mata. Alasannya, blewah merupakan sumber beta karoten yang baik.

"Suatu nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan mata," tambah Best.

Studi dalam JAMA yang melibatkan 5.836 orang dewasa berusia 55 tahun atau lebih juga menunjukkan keunggulan blewah ini. Para partisipan yang mengonsumsi beta karoten, vitamin C, dan vitamin E lebih tinggi memiliki kejadian degenerasi makula terkait usia yang lebih rendah. Baik beta karoten, vitamin C, maupun vitamin E dapat ditemukan dalam blewah.

Tak hanya itu, blewah merupakan sumber alami untuk folat. Asupan folat tak hanya dapat mencegah gangguan tabung saraf dan meningkatkan fungsi kognitif, tetapi juga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan mata.

Hal ini dibuktikan dalam sebuah studi pada JAMA Ophthalmology yang melibatkan partisipan dewasa berusia di atas 40 tahun. Studi tersebut menemukan bahwa asupan folat yang lebih tinggi berkaitan dengan tingkat kejadian glaukoma eksfoliasi atau suspek glaukoma eksfoliasi yang lebih rendah.

Oleh karena itu, blewah dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk menjaga kesehatan mata. Sebagai "bonus", blewah juga dapat memuaskan keinginan untuk menyantap makanan manis dengan cara yang lebih sehat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement