Selasa 31 Aug 2021 06:46 WIB

Psikolog: Sesekali Coba Jalan di Sekitar Rumah

Psikolog menganjurkan masyarakat tetap bergerak demi menjaga kesehatan mental.

Berjalan di sekitar rumah tanpa mengabaikan protokol kesehatan dapat menjaga kesehatan mental di masa pandemi Covid-19.
Foto: Reiny Dwinanda/Republika
Berjalan di sekitar rumah tanpa mengabaikan protokol kesehatan dapat menjaga kesehatan mental di masa pandemi Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Psikolog klinis dewasa dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Nirmala Ika, M.Psi menyarankan masyarakat untuk terus menjaga kesehatan mental di masa pandemi Covid-19 yang telah berlangsung 18 bulan. Ia mengingatkan, tetap bergerak bisa membantu menjaga kesehatan mental.

"Tetap bergerak. Di rumah saja kadang membuat kita malas ngapa-ngapain. Kalau memang tidak bisa keluar kan kita bisa muter-muter di sekitar rumah. Ini bukan penjara," kata dia saat dihubungi Antara, Senin.

Baca Juga

Menurut Ika, apabila memungkinkan, Anda bisa sesekali melihat kondisi di luar rumah, misalnya di sore hari. Tentunya, protokol kesehatan tetap harus ditegakkan, yakni dengan mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan.

Di samping itu, berjalan-jalan di lingkungan tempat tinggal juga sekaligus menjadi upaya tetap terkoneksi dengan orang-orang di sekitar. Cara ini pun dapat melunturkan kesan berlebihan bahwa betapa menakutkannya dunia luar.

"Ketika kita keluar, minimal tahu ada kehidupan. Tetap dipikirkan protokol kesehatannya, tetap bijak seberapa perlu keluarnya, urgensinya," tutur psikolog yang berpraktik di RS Pluit Jakarta Utara itu.

Baca juga : Panduan Minum Obat Covid-19 Bagi Pasien Isoman

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement