Ahad 17 Jan 2021 16:25 WIB

Gunakan Mentimun untuk Tenangkan Mata, Ini Langkahnya

Pastikan mentimun dalam keadaan bersih sebelum ditempelkan pada mata.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Irisan mentimun yang digunakan pada mata memiliki banyak manfaat (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Irisan mentimun yang digunakan pada mata memiliki banyak manfaat (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah studi pada 2014 menemukan bahwa semua bagian mentimun, mulai dari ekstrak biji hingga air buah, aman untuk digunakan pada kulit. Namun, jika Anda alergi terhadap mentimun, mereka harus menghindari penggunaan mentimun pada mata.

Seperti dilansir di laman Medical News Today, rutinitas kecantikan yang menggunakan mentimun harus membuat rileks dan menyenangkan. Sebelum memulainya, Anda dapat menyiapkan ruang yang nyaman untuk berbaring dan memastikan bahwa ada mentimun di lemari es atau unit penyimpanan yang sama dinginnya. 

Setelah itu, cuci dan keringkan wajah agar terasa bersih dan segar. Keluarkan ujung mentimun, cuci bagian luarnya, dan potong dua irisan, masing-masing dengan ketebalan sekitar satu sentimeter. Beberapa orang lebih suka membuang kulit untuk meminimalkan risiko bahan kimia seperti pestisida masuk ke mata.

Berbaringlah dalam posisi yang nyaman. Tutup mata dan letakkan irisan mentimun di setiap mata. Jika menggunakan mentimun bersamaan dengan masker wajah, oleskan masker wajah terlebih dahulu.

Apabila mentimun mulai menghangat, Anda dapat membaliknya. Sisi yang menghadap ke luar harus tetap dingin.

Anda juga bisa menggunakan momen ini untuk bersantai. Misalnya dengan bermeditasi atau mendengarkan musik atau podcast.

Penting untuk memastikan mentimun dalam keadaan bersih sebelum ditempelkan pada mata karena bakteri yang tertinggal dapat menimbulkan risiko infeksi. Untuk alasan ini, Anda sebaiknya tidak menggunakan kembali irisan mentimun yang sama.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement