Selasa 24 Nov 2020 19:41 WIB

Panduan Cegah Covid-19 di Masa Liburan

Kenakan masker dengan dua atau lebih lapisan untuk membantu melindungi diri

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Gita Amanda
Ilustrasi Covid-19
Foto: Pixabay
Ilustrasi Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, NEWYORK -- Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat menyarankan cara teraman merayakan liburan seperti Thanksgiving adalah menunda perjalanan. CDC mengimbau perayaaan apapun dilakukan bersama orang-orang yang tinggal serumah. Hal ini mengingat jumlah kasus virus corona yang meningkat pesat.

Jika Anda berencana bepergian dalam keadaan yang menyulitkan jaga jarak dua meter, maka patut dipertimbangkan rencana lain. Misalnya menyelenggarakan pertemuan virtual atau menunda perjalanan Anda.

Baca Juga

CDC sudah membuat panduan jika Anda memaksakan diri bepergian. Pertama, periksa batasan perjalanan sebelum Anda pergi. Kedua, dapatkan vaksinasi flu sebelum bepergian. Kemudian selalu kenakan masker di tempat umum, saat menggunakan transportasi umum, dan saat berada di sekitar orang yang tidak tinggal bersama Anda.

"Kenakan masker dengan dua atau lebih lapisan untuk membantu melindungi diri Anda dan orang lain dari Covid-19. Kenakan masker di atas hidung dan mulut Anda dan kencangkan di bawah dagu. Pastikan masker nyaman," tulis CDC dilansir dari Al Arabiya, pada Selasa (24/11),

Lalu CDC menganjurkan anda jaga jarak minimal dua meter dari siapa pun yang tidak tinggal dengan Anda. Hal ini sangat penting terutama bagi orang yang berisiko lebih tinggi atau komorbid. Ingatlah bahwa orang tanpa gejala mungkin dapat menyebarkan Covid-19 atau flu. Selanjutnya sering cuci tangan atau gunakan hand sanitizer.

"Sering cuci tangan dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik. Bawalah pembersih tangan dan gunakan saat Anda tidak dapat mencuci tangan. Gunakan pembersih tangan dengan setidaknya 60 persen alkohol," katanya.

Selain itu, hindari menyentuh masker, mata, hidung dan mulut Anda. Jangan lupa Bepergian dengan membawa perlengkapan ekstra, seperti masker dan pembersih tangan. Namun jika dimungkinkan ketahui kapan harus menunda perjalanan Anda.

Walau demikian, CDC juga sudah memiliki pedoman jika Anda memilih untuk menghadiri pertemuan di masa liburan. Pertama, bawalah makanan, minuman, piring, cangkir, dan peralatan Anda sendiri. Kedua, kenakan masker dan simpan masker dengan aman saat makan dan minum.

"Hindari keluar-masuk area tempat makanan disiapkan atau dibuat, seperti di dapur," ungkap CDC. Terakhir, gunakan barang sekali pakai seperti saus sachet dan wadah makan styrofoam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement