Rabu 30 Sep 2020 19:27 WIB

Dokter Serukan Ibu Hamil Jaga Imunitas dengan Penuhi Gizi

Kecukupan asupan gizi penting untuk menjaga daya tahan tubuh ibu hamil.

Ilustrasi Ibu hamil. Ibu hamil rentan terpapar Covid-19 karena daya tahan tubuhnya cenderung tidak stabil.
Foto: pixabay
Ilustrasi Ibu hamil. Ibu hamil rentan terpapar Covid-19 karena daya tahan tubuhnya cenderung tidak stabil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter ahli kandungan menyarankan ibu hamil untuk memastikan terpenuhinya asupan gizi. Kecukupan gizi penting untuk menjaga daya tahan tubuh guna mencegah penularan Covid-19.

"Jadi selama hamil trimester 1, 2, dan 3, pastikan asupan gizi yang cukup," kata dr Muhammad Fadli SpOG dalam konferensi pers bersama Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Jakarta, Rabu.

Baca Juga

Menurut Fadli, ibu hamil rentan terpapar Covid-19 karena daya tahan tubuhnya cenderung tidak stabil, terlebih di trimester pertama. Di awal kehamilan, ibu biasanya mengalami banyak keluhan.

"Jadi tubuh akan mengadaptasi. Contohnya karena ada kenaikan hormon, ibunya akan merasa malas untuk bergerak. Mungkin olahraganya kurang. Lalu mual, muntah, sehingga asupan gizinya menjadi tidak cukup," katanya.

 

Pada fase tersebut, menurut Fadli, tubuh juga akan terbebani. Metabolisme akan meningkat, beban jantung akan meningkat, dan hal itu dapat menyebabkan asupan gizi ibu hamil akan berkurang.

Pada saat asupan gizi tersebut kurang atau tidak tercukupi, maka daya tahan tubuh juga akan menjadi tidak stabil sehingga rentan untuk terpapar virus. Fadli mengatakan beberapa penelitian masih dilakukan untuk melihat kemungkinan virus SARS-CoV-2, penyebab penyakit Covid-19, dapat masuk kemudian memengaruhi janin di dalam kandungan, saat ibu hamil terkena Covid-19.

Berdasarkan kasus kematian janin dari ibu hamil positif Covid-19, Fadli memperkirakan bahwa infeksi virus tersebut kemungkinan dapat memengaruhi kondisi janin. Untuk itu, ia menyarankan kepada para ibu hamil untuk tetap menjaga asupan gizi meskipun menghadapi banyak masalah kesehatan karena proses kehamilan itu sendiri.

Selain perlu menjaga asupan gizi, ibu hamil juga disarankan untuk tetap berolahraga ringan dan berjemur agar terkena paparan matahari yang dapat meningkatkan asupan vitamin D yang dapat membantu menjaga imunitas tubuh. Dengan begitu, sistem kekebalan tubuh dapat mengalahkan virus.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement