Kamis 10 Sep 2020 10:57 WIB

Minum Susu, Apa Manfaatnya Bagi Tubuh?

Susu sapi mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Susu mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral yang baik untuk tubuh.
Foto: Huffingtonpost
Susu mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral yang baik untuk tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Susu sapi mengandung banyak nutrisi. Dokter spesialis gizi klinik dr Marya W Haryono MGizi SpGK menjelaskan, susu dapat memberi energi yang bermanfaat untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Marya mengatakan, susu mengandung protein. Protein dalam susu baiknya mengandung protein esensial, asam amino esensial dalam tubuh.

Baca Juga

"Bila asupannya terpenuhi, susu bisa menjaga dan mendukung sistem imun juga massa otot," ujar Marya dalam konferensi pers virtual peluncuran susu Milku, Selasa (1/9).

Mengutip berbagai penelitian, Marya mengatakan, mengonsumsi protein dari susu bisa meredam faktor inflamasi atau peradangan. Bahkan, dengan mengonsumsi susu orang bisa terhindar dari penyakit degeneratif seperti kanker.

Selain protein, susu juga mengandung lemak dan karbohidrat. Ada pula berbagai vitamin dan mineral.

"Salah satu manfaat susu adalah sumber kalsium," ujar dokter dari RS Bunda dan Siloam Kebun Jeruk ini.

Marya mengatakan, nutrisi seimbang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan gizi harian. Nutrisi seimbang harus ada karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral.

"Segelas susu memenuhi seper sekian persen nutrisi seimbang tubuh," kata Marya.

Susu juga bisa menjaga kesehatan tubuh, terutama menjaga otot, tulang, dan gigi. Bahkan, susu bisa menjaga daya tahan tubuh.

"Masa pandemi ini penting sekali menjaga daya tahan tubuh."

Marya menjelaskan, anak usia enam sampai 12 tahun membutuhkan sumber nutrisi seimbang, termasuk kalsium, untuk mendukung periode tumbuh kembangnya menjadi remaja yang sehat. Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) 2019, diperlukan minimal kalsium sebanyak 1.000 sampai 1.200 mg per hari untuk anak kategori usia tersebut.

"Salah satu sumber kalsium yang mudah diperoleh dan dikonsumsi adalah susu," ujarnya.

Susu juga mengandung komponen nutrisi protein, vitamin D, vitamin B, fosfor, kalium, vitamin A, dan mikronutrisi lainnya. Komponen nutrisi ini diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang, otot, serta daya tahan tubuh anak. Tentunya, diperlukan juga kelengkapan nutrisi dari bahan makanan yang bervariasi.

Marya menjelaskan, pada proses penyerapan kalsium dalam tubuh, dibutuhkan kecukupan vitamin D. Tak hanya itu, massa otot yang cukup pun diperlukan guna mendukung tulang yang sehat melalui asupan protein yang memadai. Dengan minum susu, tubuh akan mendapatkan manfaat tersebut dengan baik dan mudah.

“Selain itu, lingkungan sosial seperti keluarga dan teman sebaya juga memiliki pengaruh terhadap arti makan dan minum pada anak," ujarnya

Pada usia ini, anak sudah dapat menilai manfaat dari mengkonsumsi makanan dan minuman bernutrisi yang baik untuk kesehatan. Marya menyebut, akan sangat baik jika lingkungan sosial dapat menjadi salah satu dorongan positif bagi anak dalam membantunya memilih sumber nutrisi yang baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement