Jumat 14 Aug 2020 22:56 WIB

Akses Tutorial Menggambar di Masa Pandemi Meningkat

Banyak orang di masa pandemi mengakses tutorial menggambar dan mewarnai.

Trend Mengakses Tutorial Menggambar di Masa Pandemi Naik. Foto ilustrasi: Pensil Faber Castell
Foto: IST
Trend Mengakses Tutorial Menggambar di Masa Pandemi Naik. Foto ilustrasi: Pensil Faber Castell

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Digital Marketing Manager PT Faber-Castell International Indonesia, Martin Sori Tjukrono mengatakan, menggambar, mewarnai, dan melukis secara manual di atas kertas dipercaya banyak penelitian dapat membantu mengurangi kecemasan, membantu daya ingat hingga kembali meningkatkan kreativitas. Sehingga, kegiatan ini pun banyak dipilih oleh anak-anak dan para orang tua untuk mengisi waktu, terutama di masa pandemi covid-19 seperti sekarang ini.

Menurut Martin, pandemi covid-19 dengan segala tantangannya, telah mengubah gaya hidup dan kebiasaan masyarakat di seluruh dunia.

Baca Juga

Pandemi itu berimbas dengqn diberhentikannya sejumlah kegiatan. Di antaranya  dengan belum diperbolehkannya kegiatan tatap muka di sekolah, serta kondisi yang dihadapi oleh para orang tua dan lansia. Di mana harus menyendiri karena menghindari kunjungan untuk mencegah penularan Covid-19.

"Dalam kondisi tersebut banyak di antara kita yang mencoba meredakan ketidakpastian tersebut melalui  beragam kegiatan positif, salah satunya adalah menggambar dan melukis," kata Martin, Jumat (14/8).

Kegiatan menggambar dan melukis pun menjadi kegiatan yang banyak dilakukan orang di masa pandemi. Dan, banyak orang yang ingin melihat tutorial cara menggambar dan mewarnai melalui video tutorial Faber-Castell di internet.

Contohnya, selama periode Mei hingga Agustus ini Faber-Castell Indonesia, melalui Youtube Faber-Castell Creative Kids mencatat memiliki penonton hingga 302,600 dengan peningkatan jumlah pengguna 851 orang dan dengan total jam menonton mencapai 4.500 jam.

Selain itu, materi pembelajaran kreatif yang berada di laman www.Faber-Castell.Co.Id juga telah di unduh sebanyak 7.100 kali hingga saat ini. Sementara secara global, Faber-Castell Global mencatat peningkatan akses hingga 300 persen atas video tutorial dan materi pembelajaran lainnya. 

Melihat antusias masyarakat untuk menggambar dan melulis itu, Martin mengatakan Faber-Castell terus menghadirkan program-program workshop kreatif secara virtual, dengan beragam materi serta melibatkan pemateri baik nasional maupun mancanegara yang diperuntukan untuk pribadi atau kelompok/sekolah. Jadwal kegiatan-kegiatan workshop tersebut dapat dilihat melalui laman www.Faber-Castell.Co.Id maupun sosial media Instagram @fabercastell_id atau facebook @fabercastellcreativekids. 

Sementara itu, praktisi Art Therapy Adi Chandra, M.Psi., Psikolog.,CGI menilai tren yang di alami oleh Faber-Castell sangatlah wajar, hal itu sesuai dengan nilai yang memang ada di setiap insan manusia. Di mana pada dasarnya manusia diciptakan untuk menciptakan sesuatu atau berkarya sesuai kapasitasnya masing-masing atau “created to create”.

Adi menambahkan, proses eksplorasi perasaan dan pikiran, reality testing, penyelesaian konflik emosional, dan pengembangan kemampuan sosial, mengurangi kecemasan serta meningkatkan self esteem hanya bisa didapatkan melalui kegiatan berkesenian. 

Dan kegiatan seni khususnya menggambar sendiri banyak memiliki banyak nilai lebih, sehingga penting bagi kita untuk terus berkreasi di era New Normal saat ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement