Rabu 10 Jun 2020 13:51 WIB

Perlukah Mengonsumsi Vitamin C 1.000 Miligram Setiap Hari?

Kebutuhan vitamin C harian hanya sekitar 90 miligram hingga 105 miligram.

Vitamin C (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Vitamin C (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Vitamin C berguna untuk menjaga daya tahan tubuh. Apalagi dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang. Namun perlukah mengonsumsi vitamin C dengan dosis yang tinggi 1.000 miligram per hari?

Doter spesialis Gizi Klinik, RS Pondok Indah Bintaro Jaya, dr Diana Felicia Suganda MKes SpGK mengatakan kebutuhan vitamin C harian seseorang hanya sekitar 90 miligram hingga 105 miligram. Vitamin C sejumlah tersebut bisa didapatkan dari buah-buahan di antaranya jeruk, kiwi, dan jambu biji.

Dia mengatakan seseorang harus kembali pada prinsip gizi seimbang di mana ada karbohidrat, protein, dan lemak. "Kalau konsumsi gizi seimbangnya sudah cukup, enggak perlu tambah suplemen. Kalau kurang baru boleh, tapi tidak semua orang harus mendapat suplemen vitamin C 1.000 miligram," ujarnya dalam bincang-bincang virtual, Rabu (10/6).

Mengonsumsi vitamin C 1.000 miligram setiap hari akan mendatangkan efek samping dalam jangka panjang seperti mual, nyeri ulu hati, muntah, insomnia, dan tidak bisa tidur.

Dr Diana mengatakan konsumsi vitamin C maksimal hanya boleh sebesar 250 miligram dan itu berlaku untuk para perokok. Jika Anda sudah menjalani pola hidup sehat dan seimbang, maka tidak perlu meminum suplemen vitamin C 1.000 miligram.

"Dari jambu biji saja kalau mau, satu buah guava itu vitamin C-nya 126 miligram, jeruk itu 69 miligram, kiwi 166 miligram. Cari saja buah-buahan yang berwarna merah dan oranye," ujar dr Diana.

Menurut dia, tenaga kesehatan boleh mengonsumsi vitamin C 500 miligram hingga 1.000 miligram. "Tapi itu juga tidak setiap hari, harus diselang-seling, karena itu tadi kebutuhan vitamin C kita hanya 90 miligram hingga 105 miligram," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement