Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Minuman Ini Paling Baik Atasi Dehidrasi Anak

Kamis 05 May 2016 06:40 WIB

Rep: C27/ Red: Indira Rezkisari

Jus apel

Jus apel

Foto: pixabay

REPUBLIKA.CO.ID, Ketika panas menyengat dan keringat bercucuran, anak-anak tidak akan berhenti untuk bergerak dan bermain. Kondisi tersebut rentan sekali terhadap dehidrasi, tapi ibu jangan langsung memberi mereka cairan elektrolit.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal JAMA, jus apel sangat baik menangani kekurangan cari yang bisa menyebabkan gastroenteritis ringan dan dehidrasi. Anak-anak dengan usia sekitar enam bulan hingga lima tahun sangat baik mengonsumsi jus apel untuk menangani masalah gastroenteritis ringan dan dehidrasi.

Dalam penelitian tersebut, menunjukkan jika 17 persen anak yang diberikan jus apel lebih sedikit mengalami kegagalan pengobatan jika dibandingkan dengan 25 persen anak yang meminum elektrolit.

"Konsumsi jus cair apel dan cairan yang disukai mungkin menjadi alternatif yang tepat untuk cairan elektrolit bagi perawatan pada anak dengan gastroenteritis ringan dan dehidrasi," kata Stephen B Freedman dari University of Calgary di Kanada, dikutip dari Indian Express.

Di antara 647 anak-anak yang dipilih secara acak, hanya 644 menyelesaikan inspeksi tindak lanjut. Ditemukan 2,5 persen anak-anak yang minum jus apel atau cairan disukai menerima rehidrasi intravena.

(baca: 5 Cara Mudah Ajarkan Anak Atur Keuangan Sendiri)

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA