Ahad 27 Mar 2016 18:00 WIB

4 Tips Rahasia untuk Miliki Gaya Hidup Sehat

Rep: Puti Almas/ Red: Bilal Ramadhan
Visualisasikan gaya hidup dan santapan sehat anda setiap hari (Ilustrasi)
Visualisasikan gaya hidup dan santapan sehat anda setiap hari (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Tubuh yang sehat membuat Anda dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan nyaman. Karena itu, setiap orang berusaha untuk menjaga kesehatan dengan gaya hidup yang baik.

Apa saja yang membuat kita bisa menerapkan gaya hidup sehat? Dilansir Bold Sky, terdapat beberapa tips yang membuat Anda bisa terbebas dari berbagai masalah kesehatan seperti stres, depresi, hingga penyakit berbahaya:

1. Memanjakan diri

Menyenangkan diri sendiri adalah hal yang penting untuk kesehatan. Di tengah kesibukkan yang begitu padat, cobalah setidaknya sekali dalam seminggu untuk bersantai dan melakukan hal yang disukai.

Seperti pergi ke salon untuk pijat, atau membaca buku favorit, serta berolahraga. Mengerjakan hal yang Anda sukai dan tak bisa dilakukan di hari-hari lainnya dapat membantu mengurangi stres, depresi, yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperi jantung.

2. Berhenti merokok

Seperti yang umum diketahui, merokok dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Mulai dari jantung, kanker paru-paru, impotensi, hingga gangguan kehamilan semua dapat terjadi akibat rokok.

Banyak orang yang sulit menghentikan kebiasaan buruk ini karena belum merasakan efek negatif. Padahal, cepat atau lambat rokok akan membunuh Anda yang menghisapnya.

3. Diet

Diet tidak selalu diartikan dengan mengurangi makan. Namun, diet bisa diartikan dengan menjaga atau memilih jenis makanan yang dikonsumsi. Biasakan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang.

Jangan lupakan buah dan sayur yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh  sert memberi berbagai nutrisi yang dibutuhkan. Hindari jenis makanan yang mengandung lemak jahat serta kolestrol.

4. Edukasi

Edukasi atau pendidikan tak hanya memberi manfaat bagi otak, namun kesehatan tubuh secara keseluruhan. Menonton program televisi yang memberi Anda pengetahuan serta majalah yang memberi informasi penting bisa membuat Anda tahu banyak hal yang tak terpikirkan sebelumnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement