Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

Infeksi Mulut Bisa Menjalar ke Seluruh Tubuh

Jumat 18 Mar 2016 17:23 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Dokter melakukan perawatan gigi. Ilustras (Republika/Wihdan Hidayat)

Dokter melakukan perawatan gigi. Ilustras (Republika/Wihdan Hidayat)

Foto: Republika/Wihdan Hidayat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Infeksi pada rongga mulut dan gigi perlu diwaspadai karena dapat menjalar ke seluruh tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit lainnya. Hal itu diungkapkan ahli penyakit dalam dr Mangatas Manalu SpPD, Jumat (18/3).  

"Infeksi gigi dan mulut dapat berdampak lokal, regional maupun pada organ-organ lainnya," kata dia saat jumpa pers dalam rangka Hari Kesehatan Gigi Dunia, di Jakarta.

Mangatas mengatakan dampak infeksi gigi dan mulut dapat menyebar ke organ-organ lain melalui beberapa cara. Di antaranya penjalaran atau perkontinuitatum, secara hematogen atau melalui aliran darah menuju organ-organ yang jauh letaknya dan melalui aliran getah bening.

Penyebaran infeksi gigi dan mulut pada organ-organ tubuh lainnya dapat menyebabkan endokarditis infektif atau radang lapisan dalam jantung, radang selaput otak atau meningitis, infeksi paru atau pneumonia, infeksi saluran kemih dan infeksi kandung empedu dan abses hati.

"Infeksi pada gigi dan mulut jangan dibiarkan karena infeksinya bisa ke mana-mana. Apalagi masyarakat Indonesia masih memiliki perilaku menggunakan tusuk sate bekas sebagai tusuk gigi," tutur dia.

Menurut Mangatas, kuman anaerob yang tidak memerlukan oksigen untuk hidup dalam gigi dan rongga mulut bisa menjadi sumber infeksi organ-organ lainnya.

Karena itu, menjaga kebersihan gigi dan mulut harus dilakukan untuk mencegah terjadinya infeksi odontogenik yang menjalar ke organ-organ lainnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA