Senin 14 Dec 2015 09:31 WIB

Ladies, Diet Sehat Ini Tingkatkan Produksi ASI

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Menyusui bayi sedikit lebih lama akan membantu bayi ASI memperoleh asupan lemak yang dibutuhkan.
Foto: pixabay
Menyusui bayi sedikit lebih lama akan membantu bayi ASI memperoleh asupan lemak yang dibutuhkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak ibu menyusui begitu khawatir bayi mereka tidak mendapatkan ASI cukup. Mereka takut pasokan susu mereka endah.

Memang, produksi ASI itu sama seperti hukum perdagangan yang dipengaruhi tingginya permintaan dan penawaran. Namun, ada sejumlah bukti bahwa diet sehat berperan dalam produksi ASI. ROLers, berikut panduan diet sederhana untuk membantu ibu menyusui memiliki ASI cukup, dilansir dari Livestrong, Senin (14/12).

(Baca: Tips Tetap Berenergi Saat Hamil)

1. Makan teratur

Seperti ibu hamil, ibu menyusui membutuhkan energi cukup untuk memproduksi ASI. Ibu menyusui membutuhkan sekitar 500 kalori ekstra setiapharinya. Mereka harus makan berbagai makanan, selain mengonsumsi suplemen vitamin untuk mencukupi nutrisi yang dibutuhkan bayi.

Ibu menyusui setidaknya harus mendapatkan tiga porsi protein dan lima porsi kalsium setiap hari, serta makan banyak makanan kaya zat besi. Beberapa pilihan di antaranya sayuran berdaun hijau, biji-bijian, buah segar, ikan, dan susu rendah lemak.

2. Minum cukup

Selain makan berbagai makanan sehat, ibu menyusui perlu minum banyak cairan. Di samping air, jus dan susu rendah lemak juga bisa menghidrasi dan meningkatkan produksi ASI. Ibu menyusui perlu minum setidaknya delapan gelas setiap hari, sebaiknya tanpa kafein. Ibu menyusui juga dianjurkan meminum teh herbal yang dirancang untuk menstimulasi susu.

(Baca: Berapa Banyak Ibu Hamil Dianjurkan Makan Tuna?)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement