Kamis, 21 Zulhijjah 1440 / 22 Agustus 2019

Kamis, 21 Zulhijjah 1440 / 22 Agustus 2019

Minyak Jagung Lebih Sehat? Perhatikan Dulu Ini

Senin 09 Nov 2015 14:40 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Indira Rezkisari

Minyak jagung

Minyak jagung

Foto: sagerfoods

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak orang menganggap minyak nabati adalah pilihan sehat dan tepat karena kandungan lemak tak jenuh yang sedikit di dalamnya. Kegiatan memasak pun, sering dilakukan dengan menggunakan berbagai jenis minyak yang berasal dari tumbuhan tersebut.

Padahal, tak semua jenis minyak nabati baik untuk kesehatan. Sebuah studi mengidentifikasi bahwa jenis minyak dari tumbuhan jagung dan bunga matahari terkait dengan sejumlah penyakit berbahaya seperti jantung, kanker, hingga gangguan mental.

"Selain itu, jika Anda terlalu banyak mengkonsumsi minyak jagung atau bunga matahari, maka otak akan terlalu banyak menyerap omega 6 dan memaksa omega 3 keluar," ujar profesor di bidang ilmu syaraf dari Universitas Oxford, John Stein, dilansir dari Daily Telegraph. (baca: Sederet Manfaat Omega 3 Bagi Anak dan Dewasa)

Seperti diketahui, omega 3 mengandung sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh. Khusus untuk otak, salah satu jenis lemak tak jenuh ini disebut mempengaruhi perkembangan membran sel dalam sisten neurologis, serta meningkatkan daya ingat.

Tak heran, jika kandungan omega 3 dalam otak berkurang, maka resiko penyakit yang berasal dari pusat syaraf manusia itu, seperti Alzheimer dapat meningkat. Bahkan, kekurangan ini dikatakan oleh profesor Stein adalah salah satu penyebab terjadinya gangguan mental.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA