Jumat 22 May 2015 09:36 WIB

Makan Serat Buat Kenyang Lebih Lama?

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Makan sayur dan buah siang dan malam secara konsisten untuk mengurangi berat badan.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Makan sayur dan buah siang dan malam secara konsisten untuk mengurangi berat badan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengkonsumsi makanan yang tepat akan membantu Anda mengurangi berat badan. Apalagi jika ditambah dengan melakukan kegiatan olahraga secara rutin. Perpaduan yang tepat adantara makanan dan olahraga membuka peluang untuk Anda menurunkan berat badan lebih cepat.

Berikut daftar beberapa makan yang mampu membantu Anda merasakan kenyang lebih lama dan membantu menurunkan berat badan, dilansir dari Bodyandsoul, Jumat (22/5).

Protein

Protein membuat Anda kenyang lebih lama dan membantu menjaga kadar gula darah lebih seimbang, sehingga  membantu mencegah makan berlebihan dan mengalami kenaikan berat badan. Dengan mengkonsumsi protein membuat Anda menurunkan asupan karbohidrat yang bisa berguna untuk menurunkan berat badan. Pilihan makanan yang kaya protein seperti kacang-kacangan mentah, biji-bijian, ikan, ayam, dan telur.

Kayu manis

Menambahkan beberapa kayu manis ke smoothie, minuman hangat, dan bubur dapat membantu penurunan berat badan. Tidak hanya itu, kayu manis juga dapat membantu meningkatkan metabolisme Anda dan menjaga kadar gula darah agar tetap seimbang. Kayu manis juga bisa seningkatkan sirkulasi yang merupakan sumber sangat baik dari antioksidan .

Cuka sari apel

Cuka sari apel merupakan makanan termogenik yang dapat membantu mempercepat metabolisme Anda. Hal ini juga membantu meningkatkan pencernaan dan meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi.

Serat

Mengonsumsi makanan yang kaya serat merupakan keajaiban untuk membantu Anda menurunkan berat badan. Serat memberikan rasa kenyang setelah makan, sehingga Anda cenderung untuk menghindari camilan makanan yang tidak sehat. Makanan kaya serat juga memiliki GI rendah. Makan-makanan rendah GI ini bermanfaat menjaga kadar gula darah yang seimbang dan untuk menurunkan berat badan.

Teh hijau

Minum beberapa cangkir teh hijau sehari ditemukan efektif untuk membantu menurunkan berat badan. Teh hijau kaya akan antioksidan, membantu meningkatkan tingkat energi dan dapat meningkatkan thermogenesis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement