Jumat, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 Desember 2019

Jumat, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 Desember 2019

Mengenal Ragam Kolesterol

Ahad 19 Apr 2015 15:19 WIB

Red: Indira Rezkisari

Telur seringkali diklaim sebagai makanan kolesterol tinggi.

Telur seringkali diklaim sebagai makanan kolesterol tinggi.

Foto: corbis

REPUBLIKA.CO.ID, Makanan yang sarat dengan lemak dan kolesterol biasanya lezat dan menjadi favorit. Kebiasaan ini bisa menjadi masalah karena bisa membuat darah Anda mengandung kolesterol tinggi. Ujungnya adalah penyumbatan pembuluh darah dan Anda berisiko terserang stroke.

Apa itu kolesterol?
Dikutip dari www.parentsindonesia.com, kolesterol adalah senyawa lemak kompleks, yang 80 persen dihasilkan dari dalam tubuh, melalui organ hati dan 20 persen sisanya dari asupan makanan. Kolesterol tidak larut dalam cairan darah-agar dapat dikirim ke seluruh tubuh kolesterol dikemas bersama protein menjadi partikel yang disebut Lipoprotein. Oleh karena itu Lipoprotein seringkali di anggap sebagai ‘pembawa’ (carrier) kolesterol dalam darah.

Apa saja jenis kolesterol?
Kolesterol Low-Density Lipoprotein (LDL)
Biasa disebut sebagai “Kolesterol Jahat”. Jenis kolesterol ini membawa kolesterol dari hati untuk disebar ke seluruh tubuh. Jika berlebih,  kolesterol jenis ini akan disimpan di dinding dalam pembuluh darah.

Kolesterol High-Density Lipoprotein (HDL)
Disebut “Kolesterol Baik”. Jenis kolesterol ini membawa kolesterol dari seluruh tubuh ke hati untuk dihancurkan. Kolesterol jenis ini memiliki fungsi membersihkan pembuluh darah dari LDL yang menempel di dinding dalam pembuluh darah.

Kolesterol Very-Low Density Lipoprotein (VLDL).
Adalah jenis Lipoprotein yang berkadar sangat rendah. Dan sering digunakan untuk energi dan pemindahan lemak.

Trigliserida.
Merupakan 95 persen lemak yang dikonsumsi dan diproduksi oleh hati. Ini merupakan penyusun utama minyak sayur dan lemak binatang.

Lipoprotein A atau Lp (a).
Adalah jenis kolesterol ”Paling Jahat”. Kelebihan jenis kolesterol ini akan menyebabkan tubuh berisiko mengidap penyakit arteri koroner. Namun kolesterol jenis ini lebih bersifat genetik (keturunan) dibandingkan faktor makanan.

Apa saja makanan sumber kolesterol? Jenis makanan yang sebaiknya dihindari bila kadar kolesterol Anda sudah tinggi adalah:

Kelompok Hewani: daging kambing, daging babi, saging sapi, jeroan sapi, jeroan ayam, otak sapi, kulit ayam, kuning telur, cumi, udang, kerang, dan kepiting.
Kelompok Nabati: santan, minyak kelapa, dan margarin.



BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA