Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Air Cegah Penyakit Ginjal Kronik

Kamis 12 Mar 2015 18:35 WIB

Rep: C22/ Red: Indira Rezkisari

Asupan air yang cukup akan mencegah penyakit ginjal.

Asupan air yang cukup akan mencegah penyakit ginjal.

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Penyakit ginjal kronik masih menjadi momok di bidang kesehatan dunia. Padahal penyakit ini dapat dicegah dengan air minum yang cukup.

Penyakit gagal ginjal merupakan penyakit yang progresif. Penyakit ini menimbulkan dampak sosial ekonomi yang besar. Dampak itu dirasakan oleh penderita, keluarga, bahkan negara.

Guru Besar Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Prof. Dr. dr. Parlindungan Siregar, Sp. PD-KGH mengatakan penyakit ginjal dapat dicegah dengan meminum air mineral. Ginjal yang dijaga sejak dini, tidak akan menjadi penyakit ginjal. Sebab ketika penyakit ginjal ini menjadi parah, penyakit ini bisa menjadi penyakit ginjal kronik yang sulit disembuhkan.

Dia menambahkan air memiliki peranan yang sangat penting dalam hal mengurangi timbulnya penyakit ginjal. Air terbukti dapat mencegah pengulangan batu saluran kemih.

Orang yang mengalami kekurangan air lebih dari 20 persen dari berat badan, dapat memperburuk fungsi ginjal. Air juga bermanfaat untuk pengobatan infeksi saluran kemih.

Dia menganjurkan minum air sebanyak 2 liter per hari. Air yang diminum, akan mengeluarkan jumlah urin yang banyak dan berfungsi mengencerkan zat-zat pembentuk batu.

"Untuk orang yang sehat dan aktif minum air dua liter per hari," kata dia dr. Parlin, Kamis (12/3).

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA