Saturday, 9 Zulqaidah 1442 / 19 June 2021

Saturday, 9 Zulqaidah 1442 / 19 June 2021

5 Penyakit Manula yang Mengintai Anak Muda (1)

Senin 29 Oct 2012 10:30 WIB

Red: Karta Raharja Ucu

Olahraga rutin mampu mencegah lahirnya osteoporosis

Olahraga rutin mampu mencegah lahirnya osteoporosis

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyakit pertama yang sering disepelekan anak muda adalah osteoporosis atau pengeroposan tulang.

1. Penyakit Osteoporosis

Penyakit ini memang diidentikkan sebagai penyakit orangtua. Osteoporosis adalah penyakit tulang yang mempunyai sifat-sifat khas berupa massa tulang yang rendah disertai mikro arsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan tulang yang pada akhirnya menimbulkan kerapuhan tulang. (baca: 5 Penyakit Manula yang Mengintai Anak Muda Intro)

Penyakit ini terbagi dalam dua kelompok, yaitu osteoporosis primer serta sekunder. Untuk osteoporosis primer, penyakit ini sering menyerang wanita pascamenopause dan pria usia lanjut. Sedangkan untuk osteoporosis sekunder disebabkan oleh penyakit.

Osteoporosis juga bisa menyerang anak atau yang disebut juvenile idiopathic osteoporosis.

Awalnya, kampanye memerangi penyakit ini hanya ditujukan kepada para orangtua. Berbagai produk susu khusus usia lanjut untuk memperkuat struktur tulang marak ditayangkan di media massa. Namun, setelah muncul kasus penderita osteoporosis dari kalangan muda, maka kampanye penyakit ini jadi meluas.

Osteoporosis sudah tidak lagi diidentikan sebagai penyakit orangtua, karena memang bisa menyerang anak muda.

Direktur klinis dari Bone Health Program Washington University School of Medicine, Kathryn Diemer mengatakan jangan merasa masih muda lantas diam saja. Lakukan sesuatu yang bisa memperkuat tulang atau mencegah terjadinya osteoporosis.

Ia mengimbau agar melakukan latihan fisik seperti jogging. Tujuannya membentuk otot serta memperkuat tulang. Jangan lupa konsumsi suplemen vitamin D dan kalsium. Selain itu, hindari pola hidup tidak sehat seperti rokok dan alkohol. "Rokok dan alkohol merupakan racun bagi tulang," kata Kathryn.

sumber : Uniknya.com
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA