Sabtu 05 Jun 2010 02:36 WIB

Segarnya Susu Coklat, Pulihkan Otot yang Penat

Susu coklat
Foto: corbis
Susu coklat

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON--Susu coklat memiliki manfaat lebih baik untuk proses pemulihan setelah latihan fisik yang berat, dibandingkan minuman olahraga lain. Demikian disebutkan sebuah penelitian.

Dalam empat studi yang dilakukan secara berurutan, peneliti mengungkap, susu coklat dapat memperbaiki dan membangun kembali otot-otot, jauh lebih efektif dibandingkan minuman karbohidrat yang didesain khusus.

Hasil penelitian itu kemudian dipresentasikan oleh James Madison University ke hadapan konferensi American College of Sports Medicine di Seattle, AS.

Para peneliti meyakini, minum susu coklat rendah lemak setelah latihan fisik yang berat sekaligus untuk menyiapkan otot-otot agar berfungsi lebih baik pada pertandingan selanjutnya untuk para atlit.

Manfaat dari kombinasi karbohidrat dan protein yang tersedia dalam susu coklat sangat sesuai bagi pemulihan.

Penelitian juga mengungkap, susu coklat yang memiliki perbandingan sesuai dari karbohidrat dan protein dapat menambah tenaga bagi otot yang lelah dan protein dalam susu dapat membantu otot yang ideal.

Susu juga menyediakan cairan untuk rehidrasi dan elektrolit, termasuk potasium, kalsium dan magnesium yang hilang karena latihan fisik, termasuk untuk olahraga rekreasi atau atlet profesional setelah aktivitas yang berat.

sumber : dailymail.co.uk
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement