Rabu 23 Sep 2020 03:04 WIB

Artotel Group Tingkatkan Higienitas Hotelnya

Artotel berencana mengimplementasikan pembersihan dengan paparan sinar UV.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Salah satu kamar Artotel. Sejak pandemi Covid-19, Artotel meningkatkan standar pembersihan hotelnya.
Foto: Artotel
Salah satu kamar Artotel. Sejak pandemi Covid-19, Artotel meningkatkan standar pembersihan hotelnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – CEO Artotel Group Eduard Rudolf Pangkerego mengatakan, dibutuhkan kepatuhan terhadap protokol kesehatan agar hotel bisa beroperasi dengan aman semasa pandemi Covid-19. Pihaknya menekan risiko penularan dan penyebaran Covid-19 ditekan dengan meningkatkan standar higienitas.

Disinggung mengenai potensi paparan virus corona tipe baru, SARS-CoV-2, yang menjadi penyebab Covid-19 melalui permukaan kasur, bantal, dan permukaan lainnya, Eduard menjelaskan, hotelnya melakukan tindakan pembersihan ekstra sejak pandemi berlangsung. Disinfeksi pun dilakukan lebih intensif.

Baca Juga

"Kami naikkan standarnya, pencucian secara rutin, terutama setelah tamu check out. Adanya pandemi membuat kami semakin menaikkan level pembersihan kamar, semua kamar didisinfeksi, apalagi yang berhubungan dengan sentuhan tamu, pembersihan kasur-bantal dilakukan lebih ketat," ujarnya melalui webinar, disimak di Jakarta, pekan lalu.

Artotel, menurut Eduard, menjalankan standar protokol kebersihan sesuai anjuran pemerintah, seperti kapasitas hotel dibatasi 50 persen, penggunaan disinfektan setelah tamu checkout, menyediakan penyanitasi tangan, tamu dan staf hotel wajib mengenakan masker. Di samping itu, syarat-syarat dari mitra, seperti Halodoc, juga melengkapi protokol yang diterapkan mulai dari parkiran, lobi, check in maupun check out.

Eduard mengatakan, sementara ini pihaknya masih melakukan pembersihan sesuai standar. Dalam waktu dekat, hotelnya akan mengimplementasikan paparan sinar UV selama 15 menit untuk ruangannya. Cara ini dipercaya dapat membunuh 99 persen bakteri dan sejenisnya dalam ruangan.

"Untuk binatu, kami ketat dengan air panas. Lalu, ada sistem pembersihan matras dan bantal secara reguler supaya mengangkat bakteri yang diperkirakan bisa melekat. Sebelum pandemi Covid-19 juga sudah dilakukan, jangan sampai ada bercak dan lain-lain," ujarnya.

Hotel juga berencana memasang filter AC serta suntik ozon. Rencana ini akan dilakukan sangat hati-hati karena menyangkut teknologi baru dan investasi yang tidak sedikit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement