Monday, 10 Muharram 1444 / 08 August 2022

5 Mikronutrien untuk Kulit Sehat dan Bercahaya

Kamis 07 Jul 2022 12:06 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Reiny Dwinanda

Kulit wajah (ilustrasi). Kulit wajah sehat dan bercahaya bisa didapat salah satunya dengan memperhatikan asupan mikronutrien.

Kulit wajah (ilustrasi). Kulit wajah sehat dan bercahaya bisa didapat salah satunya dengan memperhatikan asupan mikronutrien.

Foto: www.freepik.com
Asupan gizi membantu membuat kulit sehat dan bercahaya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apa yang Anda makan akan terefleksikan di wajah. Sementara makanan bergizi cenderung bermanfaat bagi kulit, junk food dan makanan olahan dapat menyebabkan kulit kusam dan bahkan berjerawat.

Dilansir laman Indian Express pada Kamis (7/7/2022), agar tetap bugar dan sehat, Anda perlu memiliki makanan yang seimbang dan sehat. Selain itu, kulit wajah juga perlu zat gizi mikro alias mikronutrien.

Baca Juga

Berikut lima mikronutrien yang penting untuk kulit sehat dan bercahaya:

1. Vitamin E

Vitamin E adalah sumber antioksidan yang baik. Vitamin E memiliki sifat antiinflamasi. 

Vitamin E membantu mengunci kelembapan dan meningkatkan produksi kolagen. Ini adalah salah satu nutrisi paling ampuh untuk kesehatan epidermis. Makanan kaya vitamin E antara lain almond, kacang tanah, labu, dan biji bunga matahari.

2. Vitamin A

Menurut ahli gizi, vitamin A juga merupakan sumber antioksidan yang baik dan melawan radikal bebas. Vitamin A membantu mengurangi peradangan, mendorong pertumbuhan sel-sel kulit baru, dan melindungi kulit dari kerusakan. 

Vitamin A sangat penting untuk memperbaiki kulit. Wortel, labu kuning, mangga, dan sayuran berdaun hijau tua kaya akan vitamin A.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA