Sunday, 21 Syawwal 1443 / 22 May 2022

Bank Aladin Syariah dan Google Cloud Berkolaborasi

Rabu 26 Jan 2022 14:20 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Fuji Pratiwi

PT Bank Aladin Syariah Tbk. (Bank Aladin) dan Google Cloud Indonesia menjalin kolaborasi strategis untuk melayani unbanked dan underbanked. Kerja sama tersebut bertujuan mempercepat inklusi keuangan Indonesia melalui peranan teknologi.

PT Bank Aladin Syariah Tbk. (Bank Aladin) dan Google Cloud Indonesia menjalin kolaborasi strategis untuk melayani unbanked dan underbanked. Kerja sama tersebut bertujuan mempercepat inklusi keuangan Indonesia melalui peranan teknologi.

Foto: Aladin Syariah
Kolaborasi itu bertujuan mempercepat inklusi keuangan Indonesia via teknologi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Aladin Syariah Tbk. (Bank Aladin) dan Google Cloud Indonesia menjalin kolaborasi strategis untuk melayani masyarakat unbanked dan underbanked. Kerja sama tersebut bertujuan mempercepat inklusi keuangan Indonesia melalui peranan teknologi.

CEO Bank Aladin Syariah Dyota Marsudi mengatakan, kolaborasi strategis ini juga dilakukan untuk mendukung Bank Aladin Syariah dalam menciptakan terobosan inovatif dalam layanan keuangan syariah. Bank Aladin Syariah berkomitmen untuk berinovasi dan membuat terobosan sehingga perlu menjalin kerja sama dengan pelaku industri di berbagai sektor.

Baca Juga

Kolaborasi strategis dengan Google Cloud ini akan menyediakan infrastruktur yang terukur dan efisien. "Hal ini memungkinkan kami menciptakan pengalaman perbankan yang baru guna mendorong inklusi keuangan yang mengacu pada prinsip syariah," kata Dyota dalam Seremoni Kerjasama dan Press Conference Bank Aladin Syariah dengan Google Cloud yang berlangsung secara daring, Rabu (26/1/2022).

Chief Technology Officer (CTO) Bank Aladin Syariah Budi Kusmiantoro menjelaskan, kerja sama ini akan mencakup dan tidak terbatas pada layanan cloud, scalable infrastructure, data analytic, dan machine learning. Tim internal Bank Aladin Syariah nantinya juga akan mendapatkan dukungan dan pelatihan yang kuat dari para engineer Google Cloud secara global.

Bank Aladin Syariah dapat berkolaborasi jangka panjang dengan Google untuk kesuksesan kedua belah pihak yang berkesinambungan. Menurutnya, kerja sama pelatihan ini penting karena akan membantu meningkatkan keterampilan talenta digital di Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Country Director Google Cloud di Indonesia, Megawaty Khie mengungkapkan Google siap berkolaborasi dalam menghadirkan solusi inovatif yang bermanfaat untuk segmen UMKM seperti visi misi Bank Aladin Syariah. Kolaborasi ini dapat membantu menjangkau masyarakat yang masih belum terjamah oleh perbankan secara optimal.

Menurutnya, kolaborasi ini juga jadi komitmen dalam mengembangkan solusi teknologi yang tepat guna. "Sebagai bentuk nyata andil kami dalam mempercepat inklusi keuangan di Indonesia," ujar Megawaty.

Bank Aladin Syariah sebelumnya sudah mengumumkan kerja sama dengan beberapa pihak seperti Alfamart, Halodoc, Facebook hingga Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH). Bank Aladin Syariah sangat terbuka dengan kemungkinan kerja sama dengan pihak lainnya pada 2022 ini.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA