Monday, 22 Syawwal 1443 / 23 May 2022

Bank Hingga Tokoh Ekonomi Syariah, Siapa Peraih ASR 2021?

Rabu 08 Dec 2021 12:28 WIB

Red: Nidia Zuraya

Anugerah Syariah Republika (ASR) 2021 yang digelar secara virtual pada Rabu (8/12/2021) siang.

Anugerah Syariah Republika (ASR) 2021 yang digelar secara virtual pada Rabu (8/12/2021) siang.

Foto: REPUBLIKA
Sektor yang dilibatkan dalam perhelatan ASR tahun ini lebih luas ketimbang tahun lalu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anugerah Syariah Republika (ASR) 2021 menjadi penyemangat bagi pelaku ekonomi dan keuangan syariah nasional. Perhelatan yang dimaksudkan untuk memberikan apresiasi yang digelar untuk kelima kalinya pada tahun ini melingkupi beberapa sektor.

Menurut Ketua Dewan Juri ASR 2021, Nur Hasan Murtiaji, sektor yang dilibatkan dalam perhelatan ASR tahun ini lebih luas ketimbang tahun lalu. Pada ASR 2021 terdapat 38 kategori peraih Anugerah. "Jumlah peraih Anugerah tahun ini lebih banyak dibandingkan 20 peraih pada ASR yang keempat tahun 2020 lalu," kata Hasan, di Jakarta, Rabu (8/12).

Baca Juga

Para peraih Anugerah ada di beragam sektor. Mulai dari perbankan, asuransi, lembaga filantropi Islam, destinasi wisata halal, hingga Tokoh Ekonomi Syariah. Perinciannya, ada peraih ASR 2021 pada kelompok Bank BUKU 1, Bank BUKU 2, Bank BUKU 3. "Mereka terdiri dari peraih kategori Bank Syariah Terbaik, Bank Syariah Terefisien, Bank Syariah Digital Inovasi Terbaik, Bank Syariah Pembiayaan UMKM Terbaik, Bank Syariah Pemberdayaan UMKM Terbaik," kata Hasan.

Kemudian ada peraih kategori Unit Usaha Syariah dan Unit Usaha Syariah BPD. Mereka juga dikelompokkan dalam peraih Bank Syariah Terbaik, Inovasi Digital Terbaik, Inovasi Produk Terbaik. Adapun untuk kategori BPRS, terdapat kelompok BPRS Terbaik, Inovasi Digital Terbaik, Pemberdayaan UMKM Terbaik. "Kategori untuk BPRS ini merupakan kali pertama di ASR," ungkap Hasan.

Sedangkan, untuk kelompok asuransi, terdapat kategori Asuransi Terbaik dan Inovasi Digital Terbaik. "Industri asuransi tetap bertumbuh dengan melakukan inovasi kala pandemi mendera mereka," kata Hasan.

Sebagaimana tahun sebelumnya, kelompok financial technology (fintech) sebagai peraih ASR 2021 dengan kategori Terbaik dan Terefisien. Hal serupa juga diberikan kepada lembaga filantropi dengan kategori Inovasi Digital Terbaik, Layanan Terbaik, Pemberdayaan Ekonomi Umat, dan Lifetime Achievement.

Sedangkan untuk kelompok wisata halal, dibagi dua: Tujuan Wisata Halal Terfavorit dan Tujuan Wisata Halal Terinovatif. "Untuk Tujuan Wisata Halal Terfavorit dilakukan dengan cara melakukan polling melalui media sosial,"  kata Wakil Ketua Dewan Juri ASR 2021, Elba Damhuri.

Sama dengan tahun lalu, terdapat kelompok Kepala Daerah Terinovatif. Sedangkan, yang paling ditunggu adalah Tokoh Ekonomi Syariah. Siapakah mereka, Sobat Republika bisa menyaksikan perhelatan ASR 2021 melalui akun Youtube RepublikaOfficial, mengakses dari Republika.co.id, dan juga bisa memantau dari akun Facebook RepublikaOnline.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA