Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Bank Muamalat Sediakan Layanan Pelunasan Haji di ATM

Rabu 20 Mar 2019 16:57 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Gita Amanda

 Nasabah menggunakan anjungan tunai mandiri (ATM) Bank Muamalat. (Ilustrasi)

Nasabah menggunakan anjungan tunai mandiri (ATM) Bank Muamalat. (Ilustrasi)

Foto: Republika/ Wihdan
Kini tren telah bergeser pada kemudahan bertransaksi melalui kanal elektronik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Muamalat Indonesia Tbk menyediakan layanan pelunasan haji melalui kanal elektroniknya. Sekretaris Perusahaan Bank Muamalat, Hayunaji mengatakan kini pelunasan biaya haji sudah bisa via Anjungan Tunai Mandiri (ATM) selain di cabang.

"Tahun ini ada sekitar 25 ribu jamaah reguler dan 1.300 jamaah haji khusus yang akan melakukan pelunasan," kata dia pada Republika.co.id, Rabu (20/3).

Menurut Hayunaji, kini tren telah bergeser pada kemudahan bertransaksi melalui kanal elektronik. Sehingga Bank Muamalat pun harus mengikuti revolusi industri 4.0. Transaksi perbankan yang beralih ke e-channel telah berlaku di industri, baik konvensional maupun syariah.

"Bank Muamalat harus mampu bersaing dengan menyediakan layanan e-channel yang tentunya lebih fleksibel untuk para nasabahnya," kata dia.

Bank Muamalat juga memberi kemudahan transaksi di tanah suci bagi nasabah haji mau pun umrah. Semua pengguna kartu ATM Bank Muamalat Indonesia yang berlogo visa dapat memperoleh beragam promo.

ATM Bank Muamalat bisa digunakan di ATM Bank Alrajhi yang telah bekerja sama sejak akhir tahun lalu. Ada menu Bahasa Indonesia di sana yang akan memudahkan transaksi nasabah Tanah Air. Selain itu, tiga kali pertama tarik tunai di ATM Alrajhi tidak akan dikenakan biaya.

Kartu ATM Muamalat dapat digunakan di sejumlah merchant yang bekerja sama dan mendapat diskon 15 persen hingga Rp 250 ribu. Selain itu, nilai tukar mata uang cukup kompetitif. Ia mengatakan hingga saat ini Bank Muamalat belum punya target untuk transaksi dan penggunaan e-channel dari sektor ini.

"Target belum ada, karena harus lihat data dan trennya dulu, baru bisa diprediksi untuk berikutnya," kata dia.

Chief Executive Officer (CEO) Bank Muamalat Achmad K Permana beberapa waktu lalu mengatakan, tabungan haji dan umrah merupakan produk andalan Bank Muamalat. Secara rata-rata, jumlah rekening haji dan umrah tumbuh 20 persen setiap tahunnya.

Pencapaian ini berkontribusi terhadap pertumbuhan dana murah Bank Muamalat. Pangsa pasar haji khusus Bank Muamalat merupakan penyumbang terbesar dibandingkan dengan bank syariah lain.

Per Desember 2018, Bank Muamalat memiliki pangsa pasar sebesar 16 persen untuk haji regular dan 51 persen untuk porsi haji khusus dari total porsi haji nasional. Permana berharap kerja sama dengan sejumlah pihak khususnya di Arab Saudi dapat mendukung kenaikan porsi haji sebesar 25 persen di tahun 2019.

Untuk pengiriman uang dari Al-Rajhi Malaysia ke Al-Rajhi Arab Saudi menggunakan platform Amanah Gateway. Diluar musim haji, Amanah Gateway dapat digunakan untuk pengiriman riyal antar penyelenggara haji (business to business) dari Indonesia ke Arab Saudi.

Untuk memudahkan pelayanan haji dan umrah, Bank Muamalat menyediakan layanan satu atap terintegrasi bernama 1 Stop Service Hajj & Umrah Muamalat atau 1hram (ihram) yang berada di Muamalat Tower lantai 19. 1hram menjadi kantor perwakilan dari berbagai asosiasi penyelenggara haji umrah yang bekerjasama dengan Bank Muamalat.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA