Monday, 11 Rabiul Awwal 1440 / 19 November 2018

Monday, 11 Rabiul Awwal 1440 / 19 November 2018

Rumah Zakat Berbakti untuk Masyarakat

Kamis 08 Nov 2018 21:55 WIB

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Friska Yolanda

Rumah Zakat mendistribusikan bantuan air bersih untuk warga Desa Rejosari Bandongan Magelang, Jawa Timur.

Rumah Zakat mendistribusikan bantuan air bersih untuk warga Desa Rejosari Bandongan Magelang, Jawa Timur.

Foto: rumah zakat
RZ telah tumbuh dengan berbagai programnya di bidang antara lain pendidikan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rumah zakat (RZ) merupakan salah satu lembaga zakat terpacaya di Indonesia. Program-programnya menyentuh kepada penerima manfaat ke seluruh Indonesia. Komitmennya untuk menjadi NGO terbaik sebagai penghubung antara donatur dengan penerima manfaat terus terjaga hingga sekarang ini.

Karenanya Anugerah Syariah Republika (ASR) 2018 kali ini memberikan penghargaan kepada RZ kategori The Most Innovative Philanthropy Institution. Penghargaan tersebut sebagai wujud apresiasi Republika kepada mereka.

Tumbuhnya RZ sebagai lembaga zakat tak lepas dari kelompok pengajian Majelis Taklim Ummul Quro yan menyepakati untuk membentuk lembaga sosial yang konsen pada bantuan kemanusiaan. Pada 2 Juli 1998 terbentuk sebuah organisasi bernama Dompet Sosial Ummul Quro (DSUQ).

DSUQ kemudian berkembang dan bertransformasi  beberapa kali. Pertama berubah nama menjadi Rumah Zakat Indonesia DSUQ. Kemudian pada tahun 2004 kembali bertransformasi menjadi Rumah Zakat Indonesia mengalami perubahan pada 5 April 2010 menjadi Rumah Zakat.

Kini, RZ telah tumbuh dengan berbagai programnya di berbagai bidang antara lain pendidikan. RZ memberikan beasiswa pendidikan kepada mereka yang menghadapi keterbatasan ekonomi mulai tingkat SD hingga perguruan tinggi. Beasiswa tersebut ada yang diberikan untuk pembiyaan penuh selama proses pendidikan maupun sebagian.

Selain itu, program pendidikan juga ditujukan terhadap bantuan pembangunan sekolah. Ini dilakukan untuk membantu keluarga kurang mampu agar memperoleh pendidikan gratis denga fasilitas yang tak kalah dengan sekolah berbayar. Bantuan guru pedesaan, mobil juara untuk pendidikan juga program yang menjadi fokus dari RZ.

RZ juga bergerak di bidang ekonomi melalui program pemberdayaan. Seperti pemberdayaan UKM dengan cara pemberian modal atau infrastruktur dan sarana lainnya. Termasuk perberdayaan terhadap pertanian dan peternakan.

Kesehatan pun tak luput dari program yang disasar oleh RZ. Misalnya dengan melakukan khitanan massal, ambulan gratis, bantuan kesehata, siaga sehat, kebun gizi, dan klinik gratis. Isu lingkungan menjadi sasaran dari program RZ seperti memperbaiki kualitas lingkungan dan mengurangi permasalahan sosial khususnya terkait air dan sanitasi.

Bulan Ramadhan menjadi momen penting bagi RZ untuk menjadi penyambung antara donatur kepada penerima manfaat. Misalnya menggelar berbuka puasa bersama, kado lebaran anak yatim, syiar quran, janda berdaya, Ramadhan bebas hutang. Kemudian ada program Superqurban. RZ mengolah kurban-kurban yang terkumpul untuk disebar ke berbagai daerah di Indonesia. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES