Thursday, 15 Zulqaidah 1440 / 18 July 2019

Thursday, 15 Zulqaidah 1440 / 18 July 2019

PBNU Berharap Masyarakat Mudah Menjangkau Pangan

Sabtu 01 Jun 2019 12:56 WIB

Red: EH Ismail

Pertanian bawang putih di Sembalun NTB

Pertanian bawang putih di Sembalun NTB

Foto: Humas Kementan
PBNU mengapresiasi kinerja Menteri Amran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H, pemerintah memastikan stok pangan dalam kondisi stabil. Bahkan tak ada gejolak harga signifikan di masyarakat. Kementan dibawah kepemimpinan Amran Sulaiman dinilai berhasil menjaga stabilitas pangan. Terlebih saat Ramadan dan Lebaran nanti. 

Demikian dikatakan Ketua Infokom Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Masduki Baidlowi. Dia memuji kinerja Amran dalam 4 tahun terakhir ini. 

“Ini saya kira, kondisi yang sangat bagus dari pemerintah karena stok pangan mencukupi, sehingga tidak terjadi gejolak harga. Itu satu hal yang perlu diapresiasi,” kata Masduki saat dihubungi di Jakarta, Sabtu (1/6). 

Bahkan, sempat dikatakan setidaknya dalam tiga tahun terakhir, inflasi cukup terkendali. Upaya tersebut merupakan bentuk antisipasi pemerintah jauh hari, salah satunya agar masyarakat tidak kesusahan menjelang lebaran.

"Ini belum pernah terjadi pada periode-periode sebelumnya. Pemerintah mengendalikan harga, apalagi disaat-saat lebaran kan, tidak ada gejolak harga yang meresahkan rakyat,” tambahnya. 

Sebelumnya diberitakan, seminggu sebelum memasuki bulan Suci Ramadan, hasil peninjauan langsung kepada setiap pedagang, bahwa harga terbilang norman. Bahkan, ada penurunan harga di beberapa jenis komoditas.

Kementerian Pertanian memastikan bahwa, upaya tersebut demi menjaga stabilitas harga dan ketersediaan stok bahan pangan. Agar memastikan hal itu terjadi, Kementan sempat melakukan operasi pasar, yang juga dibantu oleh pemerintah daerah secara rutin.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA