Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Mentan: Harga Bawang Putih Rp 30 Ribu per Kg Saat Ramadhan

Ahad 05 May 2019 10:59 WIB

Rep: Novita Intan/ Red: Ratna Puspita

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (21/3).

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (21/3).

Foto: Republika/Bayu Adji P
Adapun, harga bawang putih ideal stabil Rp 25ribu per kilogram.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pertanian Amran Sulaiman menjanjikan harga bawang putih turun menjadi Rp 30 ribu per kilogram selama Ramadhan 2019. Untuk menurunkan harga, Kementerian Pertanian (Kementan) akan melakukan operasi besar-besaran di seluruh Indonesia.

"Kami yakin harga Rp 46ribu per kilogram turun menjadi Rp30ribu per kilogram,” ucapnya kepada wartawan di Jakarta, Ahad (5/5). 

Baca Juga

Amran mengatakan Kementan menggandeng pelaku usaha untuk menggelar operasi pasar pangan di Toko Tani Indonesia Center. Amran mengatakan operasi pasar pangan murah dilakukan untuk menekan harga bawang putih dan bawang merah yang naik menjelang Ramadah 1440 H.

Menurutnya operasi pasar pangan akan dilakukan secara besar-besaran baik di pasar tradisional dan pasar modern. “Operasi pasar akan dilakukan sampai sesudah Idul Fitri, kita ingin harga yang sudah stabil tetap terjaga dengan baik terutama bawang putih akhir-akhir ini sampai dengan 46ribu,” ujarnya.

Selain operasi pasar, Kementan juga memastikan stok bawang putih aman. Dari kebutuhan 50 ribu ton sebulan, Kementan menyiapkan 115 ribu ton atau dua kali dari kebutuhan.

Ke depan, Amran meminta para importir di Indonesia dapat bertanggung jawab agar harga bawang putih dapat menjaga kestabilan harga. Adapun, harga bawang putih ideal stabil Rp 25ribu per kilogram dan bawang merah Rp 22ribu per kilogram.

“Kami juga meminta seluruh importir mengawal barangnya sampai ke konsumen, ikut menjaga kestabilan harga. Atas arahan bapak presiden Ratas kemarin agar harga kestabilan ini dikawal sampai dengan Idul Fitri dan setelah Idul Fitri,” ungkapnya.

Tak hanya bawang putih dan bawang merah, Amran menjamin harga komoditas pangan lainnya dapat terjaga dengan aman dan stabil. “Komoditas lainnya seperti minyak goreng, gula dan seterusnya. Kita harus jaga agar saudara kita melaksanakan ibadah puasa dengan tenang agar kebutuhan strategis bisa terjaga dengan baik,” ucapnya. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA