Tuesday, 15 Muharram 1440 / 25 September 2018

Tuesday, 15 Muharram 1440 / 25 September 2018

Kementan Bantu Alat Pertanian Petani Sumsel

Kamis 13 September 2018 16:04 WIB

Red: Gita Amanda

Petani membajak sawah. (Ilustrasi)

Petani membajak sawah. (Ilustrasi)

Foto: Republika/Yasin Habibi
Bantuan berupa eskavator untuk mempercepat proses tanam.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Kementerian Pertanian (Kementan) membantu alat pertanian kepada petani di Sumatera Selatan (Sumsel). Bantuan berupa eskavator untuk mempercepat proses tanam di daerah swasembada pangan tersebut.

Kepala Badan Penyuluhan dan pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian Kementerian Pertanian Momon Rosmono usai melepas 100 Bintara Pembina Desa Korem 044/Garuda Dempo di Palembang, Kamis (13/9), mengatakan alat pertanian itu berfungsi antara lain pembuatan irigasi dan perataan lahan. Selain itu alat pertanian tersebut untuk mendukung perbaikan infrastruktur persawahan di Sumsel, kata dia.

"Jadi dengan adanya bantuan tersebut maka swasembada pangan yang diprogramkan akan berjalan sukses," tambahnya.

Menurut dia, apalagi lahan pertanian di Sumsel cukup luas sehingga percepatan dan penambahan areal tanam sangat diutamakan. Sehubungan itu pihaknya membantu alat pertanian di Sumsel termasuk untuk Kabupaten Banyuasin. 

Dia mengatakan, mengenai bantuan alat pertanian tersebut berjumlah 40 unit yang diharapkan dapat mempercepatan tanam dan menambah areal tanam. Selain memberikan bantuan alat pertanian pihaknya memberikan pupuk bersubsidi, dan memberikan bibit padi berkualitas agar hasil padi semakin meningkat.

Momon menambahkan dalam menyukseskan program swasembada pangan tersebut pihaknya bekerja sama antara lain dengan prajurit TNI Korem 044/Garuda Dempo. Menurutnya anggota TNI sudah sampai ke desa atau memaksimalkan peran Bintara Pembina Desa.

"Program swasembada pangan harus disukseskan sehingga perlu adanya kerja sama dengan instansi terkait," tambah dia.

Sumber : antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Pencari Puing Waduk Jatigede (1)

Senin , 24 September 2018, 23:59 WIB