Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Tahun Ini, 10 Ribu Konverter Kit Ditargetkan Terpasang

Senin 07 Jan 2013 20:57 WIB

Rep: Dwi Murdaningsih/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Konverter Kit

Konverter Kit

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Kementrian Perindustrian menergetkan akan memasang 8000 hingga 10.000 konverter kit pada tahun 2013. Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementrian Perindustrian Budi Darmadi mengatakan sukses atau tidaknya pemasangan itu sangat tergantung dari pencairan anggaran pemerintah.

Rencananya konverter kit ini dipasang untuk angkutan umum. "Tahun ini kita yang ditugaskan," ujar Budi, saat ditemui, Senin (7/1).

Ia mengatakan proses pengadaan konverter kit akan dilakukan dengan cara lelang. Namun, ia enggan menyebutkan jumlah anggaran yang sedianya dialokasikan untuk mengubah bahan bakar minyak menjadi bahan bakar gas.

Budi menjelaskan proses pengadaan konverter kit belum dilakukan saat ini. Namun, ia melihat sudah banyak yang cukup berminat untuk mengikuti tender konverter kit ini. Ia menekankan peserta lelang akan diprioritaskan bagi perusahaan yang berminat melakukan lokalisasi di dalam negeri.

"Kalau anggaran bisa dicairkan cepat, ya program itu bisa berjalan cepat," katanya.

Budi mengatakan pemasangan konverter kit membutuhkan waktu satu hari. Menurut dia banyak bengkel yang sudah memiliki kemampuan untuk melakukan pemasangan konverter kit, termasuk dari beberapa agen tunggal pemegang merek (ATPM).

Program konversi dari minyak ke gas direncanakan sejak tahun 2012 lalu. Rencananya, pada tahun 2012, pengadaan konverter kit menggunakan dana yang berada di kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral. Namun, program konversi di kementrian ESDM gagal karena terlambat pencairan anggaran.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA