Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Elnusa Raup Laba Bersih Rp 276 Miliar pada 2018

Selasa 19 Feb 2019 16:29 WIB

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Nidia Zuraya

Elnusa

Elnusa

Pendapatan usaha Elnusa tumbuh 33 persen pada 2018

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menutup tahun 2018, perusahaan penyedia jasa energi PT Elnusa Tbk membukukan pendapatan usaha sebesar Rp 6,6 triliun dan laba bersih Rp 276 miliar. Pencapaian tahun lalu ini jauh meningkat bila dibandingkan dengan capaian 2017 yang mencatatkan pendapatan usaha Rp 4,9 trilun dan laba bersih Rp 247 miliar.

Direktur Utama Elnusa, Tolingul Anwar, menyebut pendapatan usaha tumbuh 33 persen dibandingkan tahun 2017. “Strategi menggenjot jasa hulu migas berbasis non-aset serta jasa distribusi & logistik energi yang kami lakukan, berhasil kembali memecahkan rekor pendapatan usaha tertinggi sebelumnya," ujar Tolingul melalui keterangan resmi yang diterima Republika, Selasa (19/2).

Menurut Tolingul, peningkatan kinerja jasa hulu migas berbasis nonaset dilakukan dengan memenangkan peluang-peluang bisnis Engineering, Procurement, Construction – Operation & Maintenance (EPC-OM) dengan kontrak-kontraknya yang bersifat multiyears. Peningkatan volume thruput terjadi pada jasa distribusi & logistik energi, melalui unit usahanya seperti jasa transportasi BBM, perdagangan BBM industri marine maupun manajemen depo.

Berdasarkan komposisi pendapatan, jasa hulu migas memberikan kontribusi sebesar 40 persen dan jasa distribusi logistik energi sebesar 56 persen, sedangkan sisanya sebesar 4 persen disumbangkan oleh jasa penunjang.

"Kami meyakini bahwa hasil ini tergolong wajar ditengah kondisi industri migas saat ini. Karena mulai membaiknya harga minyak tidak serta merta menaikkan harga jasa hulu migas,” tambah Tolingul.

Strategi ini mampu menopang Elnusa untuk menghasilkan laba bersih Rp 276 miliar atau lebih tinggi 12 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Hasil ini merupakan pencapaian yang tergolong baik, karena Elnusa dapat tetap tumbuh.

Tolingul optimistis kinerja Elnusa akan lebih baik lagi pada tahun mendatang. Hal ini ditopang dengan perolehan kontrak multiyears yang telah diterima pada bisnis nonaset, peluang besar dan geliat jasa distribusi & logistik energi, serta nilai tambah total solution services yang diberikan untuk jasa klien.

Elnusa Total Solution Services merupakan rangkaian jasa yang ditawarkan Elnusa untuk menyelesaikan permasalahan klien secara komprehensif. Berbeda dengan keumuman jasa saat ini yang dilakukan secara parsial, sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama dengan harga yang lebih mahal.

Elnusa Total Solution Services diklaim sebagai jawaban atas dinamika industri migas dan tantangan klien dalam menghadirkan jasa yang lebih baik, lebih cepat serta lebih kompetitif. Elnusa memiliki jasa terintegrasi dari hulu hingga hilir migas, serta berbagai jasa penunjangnya.

"Dengan kompetensi dan pengalaman lebih dari 45 tahun, kami yakin mampu menghadirkan solusi total untuk klien," kata Tolingul.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA