Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

PLN Beri Sambungan Listrik Gratis di Muara Gembong

Rabu 30 Jan 2019 16:05 WIB

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Dwi Murdaningsih

Dua petugas PLN memasang instalasi sambungan listrik secara gratis untuk warga tidak mampu di Kampung Panenjoan, Carenang, Serang, Banten, Jumat (13/7).

Dua petugas PLN memasang instalasi sambungan listrik secara gratis untuk warga tidak mampu di Kampung Panenjoan, Carenang, Serang, Banten, Jumat (13/7).

Foto: Antara/Asep Fathulrahman
Sebanyak 1,2 juta kepala keluarga memperoleh sambungan listrik gratis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) memberikan sambungan listrik gratis ke warga Muara Gembong, Bekasi. Direktur Utama PLN, Sofyan Basir menjelaskan 309 warga di kabupaten Bekasi yang mendapatkan bantuan sambung listrik gratis dari sinergi BUMN.

PLN bekerjasama dengan 34 BUMN ini untuk Program Sambung Listrik Gratis. Sofyan menjelaskan untuk saat ini rasio elektrifikasi Kabupaten Bekasi sudah mencapai hampir 100 persen tapi masih ada 11 ribu kepala keluarga memperoleh listriknya dari rumah tetangga. Hal ini disebabkan Karena mereka tidak mampu membayarkan biaya penyambungan listrik sebesar Rp 1 juta.

"Untuk itu melalui program Pemerintah ini kami harapkan bisa membantu warga yang sebelumnya nyantol sehingga bisa mendapatkan sambungan listrik secara langsung" ujar Sofyan, Rabu (30/1).

Pemasangan listrik gratis ini meringankan warga yang sebelumnya ketika masih nyantol mereka harus membayar Rp 40 ribu – 50 ribu untuk 3 bola lampu saja. Sekarang dengan pasang listrik sendiri warga cukup membayar 20 ribu – 30 ribu untuk lampu dan peralatan listrik lainnya tanpa takut putus listrik.

Program ini merupakan program nasional seluruh Indonesia. Di wilayah jawa Barat sudah tersambung 105 ribu rumah. Dari target 235 ribu rumah. Secara nasional sebanyak 1,2 juta kepala keluarga akan memperoleh sambungan listrik gratis secara bertahap.



BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA