Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

Akuisisi Freeport Kelar, Ini Susunan Direksi PTFI Terbaru

Jumat 21 Des 2018 22:48 WIB

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Dwi Murdaningsih

Dirjen Mineral dan Batubara Kementerian ESDM Bambang Gatot (kiri) bersama CEO Freeport McMoRan Richard Adkerson (kanan) memberikan keterangan pers seusai penyerahan Izin Usaha Pertambangan Khusus Operasi Produksi (IUPK) kepada PT Freeport Indonesia di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (21/12/2018).

Dirjen Mineral dan Batubara Kementerian ESDM Bambang Gatot (kiri) bersama CEO Freeport McMoRan Richard Adkerson (kanan) memberikan keterangan pers seusai penyerahan Izin Usaha Pertambangan Khusus Operasi Produksi (IUPK) kepada PT Freeport Indonesia di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (21/12/2018).

Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Indonesia sah memiliki saham mayoritas PT Freeport.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasca sahnya kepemilikan saham mayoritas di tangan pemerintah Indonesia dan terbitnya Izin Usaha Pertambangan Kusus (IUPK) definitif untuk PT. Freeport Indonesia maka dibarengi juga susunan direksi PTFI yang menjadi kesepakatan antara Pemerintah Indonesia dan Freeport McMoran.

Direktur Utama Inalum, Budi Gunadi Sadikin menjelaskan dari kesepakatan kedua belah pihak memutuskan menunjuk Clayton Allen Wenas atau kerap disapa Tony Wenas sebagai Presiden Direktur dari PTFI. Sedangkan Komisaris Utama dari PTFI diputuskan Richard Carl Adkerson.

"Ini keputusan pemegang saham. Susunan direksi terdiri dari empat orang Indonesia dan dua perwakilan dari Freeport McMoran. Untuk dua orang dari Freeport McMoran memang mereka yang memiliki keahlian dalam operasional pertambangan," ujar Budi di Kementerian ESDM, Jumat (21/12).

Akuisisi PT Freeport Tuntas, Jokowi: Ini Momen Bersejarah

Dua orang perwakilan Freeport McMoran tersebut adalah Robert Charles Schroeder dan Mark Jerome Johnson. Keduanya akan fokus untuk mengurusi operasional pertambangan dan pengembangan investasi PTFI kedepan.

Budi menyebutkan posisi Direktur Keuangan dipegang oleh Orias Petrus Moedak. Orias sendiri selama ini juga menjabat sebagai Direktur Keuangan Inalum setelah sebelumnya juga sempat menjabat sebagai Direktur Utama Pelindo IV.

Dua direktur lain adalah Jenpino Ngabdi yang merupakan Presiden Direktur Danareksa. Nama Achmad Ardianto juga mengisi posisi salah satu direksi. Achmad sendiri selama ini sudah malang melintang di Freeport setelah sebelumnya ia juga berkarir di PT. Aneka Tambang (Antam).

"Sedangkan untuk komisaris juga terdiri atas komposisi yang sama. Empat orang dari Indonesia dan Dua orang dari Perwakilan Freeport McMoran," ujar Budi.

Untuk Komisaris Utama dipegang oleh Richard Carl Adkerson. Sedangkan Wakil Komisaris Utama diisi oleh Amien Sunaryadi yang namanya sudah tidak asing lagi di sektor ESDM. Sebab Amien baru saja pensiun dari posisinya sebagai Kepala SKK Migas. Amien juga dulu sempat menjabat sebagai Wakil Ketua KPK zaman Antasari menjadi Ketua KPK.

Sedangkan Budi Gunadi Sadikin sendiri menjabat sebagai salah satu komisaris bersama Hinsa Siburian selaku yang penah menjabat sebagai Wakil Kepala Staff Angkatan Darat. "Pemilihan pak Hinsa agar operasional Freeport aman di Papua sana," ujar Budi.

Komisaris lainnya adalah Adrianto Machibie seorang profesional yang sempat memiliki sepak terjang sebagai Presiden Direktur salah satu televisi swasta di Indonesia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA