Senin, 19 Zulqaidah 1440 / 22 Juli 2019

Senin, 19 Zulqaidah 1440 / 22 Juli 2019

Mendes Targetkan Ada Bumdes Pertanian di Setiap Desa

Rabu 13 Sep 2017 15:56 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Dwi Murdaningsih

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo

Foto: ROL/Havid Al Vizki

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo berencana untuk mengorporasikan petani dengan mengubah pola kerjanya lebih modern. Untuk menjawab arahan tersebut, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal danTransmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo akan mengoptimalkan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) guna meningkatkan kesejahteraan petani.

Eko berencana akan lebih memperluas kehadiran PT Mitra Bumdes Nusantara setelah korporasi petani dilakukan. "Iya,jadi nanti akan digenjot lagi. Setiap desa ada PT Mitra Bumdes Nusantara," kata Eko di Kementerian BUMN, Rabu (13/9).

Dia mengatakan pihaknya sudah membuat PT Mitra Bumdes Nusantara diintegrasikan dengan Kementerian Pertanian. Eko berharap dengan integrasi tersebut tak hanya soal korporasi petani saja namun negara bisa membantu untuk memfasilitasi dan mengontrol.

Dia menjelaskan, saat ini pembentukan akta PT Mitra Bumdes Nusantara sudah dibuat namun belum dilakukandi setiap desa. Ia memastikan evaluasi terkait hal tersebut sudah dilakukan dan perlu dipercepat untuk program-program di desa.

Sesuai dengan arahan presiden, Kementerian Pertanian juga mendukung akan mengkorporasikan petani. Selanjutnya akan diperkuat kelembagaannya dan bisa memberikan dampak lebih positif bagi para petani.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA