Tuesday, 18 Sya'ban 1440 / 23 April 2019

Tuesday, 18 Sya'ban 1440 / 23 April 2019

Menteri Luhut: Lahan Garam untuk Swasembada 40 Ribu Hektare

Senin 28 Aug 2017 17:58 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nur Aini

Garam (ilustrasi)

Garam (ilustrasi)

Foto: ANTARA

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim) Luhut Binsar Pandjaitan menginginkan swasembada garam bisa lebih cepat lagi dilakukan. Luhut menegaskan jika memungkinkan swasembada garam bisa diselesaikan pada 2019. 

Luhut mengatakan tim yang terdiri dari kementerian terkait dan PT Garam sudah mendata ada sekitar 40 ribu hektare lahan garam. ‎Angka itu menurut Luhut lebih besar dari apa yang diperkirakan selama ini.

"Semuanya tadi kami kira hanya ada 30 ribu hektare saja lahan yang terdata ternyata justru lebih yang potensial," ujarnya di Jakarta, Senin (28/8). ‎Luhut memastikan wilayah tersebut tersebar di Indonesia.

Untuk memenuhi target swasembada tersebut, dia menuturkan persoalan lahan menjadi fokus yang perlu diselesaikan terlebih dahulu. "Kita mau selesaikan dulu lahan-lahan yang belum selesai ditangani," tutur Luhut. 

Meski begitu dia yakin persoalan tersebut bisa diselesaikan. Jika bisa diselesaikan tahun ini, kata Luhut, maka swasembada garam yang ditargetkan 2019 bisa terlaksana.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA