Senin, 15 Safar 1441 / 14 Oktober 2019

Senin, 15 Safar 1441 / 14 Oktober 2019

Pemerintah Sebut Dispenser BBG akan Untungkan Pengusaha SPBU

Senin 13 Mar 2017 15:15 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Nur Aini

Beberapa Bajaj antre mengisi BBG di Envogas Pertamina, Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin (5/10).

Beberapa Bajaj antre mengisi BBG di Envogas Pertamina, Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin (5/10).

Foto: Republika/ Wihdan

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Pemerintah mendorong penggunaan kendaraan berbahan bakar gas. Demi tercapainya target tersebut Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan mengeluarkan peraturan terkait.

"Kita akan membuat Permen (Peraturan Menteri) ESDM yang mewajibkan semua SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) memasang dispenser (BBG/Bahan Bakar Gas)," kata Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar saat ditemui di lapangan parkir IRTI Monas, Jakarta, Senin (13/3).

Arcandra berharap pemakaian BBG di Indonesia terus berkembang. Pemerintah akan menjadi pemantik awal konsep tersebut. Ia menuturkan para pengusaha tidak perlu khawatir dengan rencana tersebut. Pemerintah, kata dia, akan membuat formula yang menguntungkan. "Untuk SPBUnya nanti kita hitung margin yang cukup supaya ekonomis. Margin di gas nanti kita hitung," tutur Arcandra.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM IGN Wiratmaja Puja menerangkan pihaknya mendorong swasta membangun dispenser BBG. Sementara, gasnya disediakan oleh PGN dan Pertamina. "Dispenser nanti mereka (swasta) yang bangun," tutur Wirat.


Baca juga: Kementerian ESDM akan Wajibkan SPBU Sediakan Dispenser BBG

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA