Rabu, 23 Syawwal 1440 / 26 Juni 2019

Rabu, 23 Syawwal 1440 / 26 Juni 2019

Pabrik Semen Aceh Mampu Produksi 3 Juta Ton Semen

Rabu 21 Des 2016 13:32 WIB

Red: Bilal Ramadhan

Pabrik semen (ilustrasi)

Pabrik semen (ilustrasi)

Foto: Republika/Aditya Pradana Putra

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Semen Indonesia berencana membangun pabrik di wilayah Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, yang bekerja sama dengan pengusaha lokal di daerah tersebut. Dengan berdirinya pabrik ini, diharapkan akan membawa manfaat bagi masyarakat sekitar.

Seperti yang diungkapkan Dirjen Industri Kimia Tekstil dan Aneka (IKTA) Kementerian Perindustrian, Achmad Sigit Dwiwahjono, pendirian pabrik semen tersebut akan memberikan dampak positif bagi daerah Kabupaten Pidie Jaya.

“Jika pabrik tersebut berdiri, maka diperkirakan akan menyerap 800 orang pekerja di daerah tersebut,” kata Achmad saat diwawancarai wartawan di Kementerian Perindustrian, Rabu (21/12).

Dia menjelaskan, menurut perencanaan awal, pabrik yang 90 persen sahamnya dimiliki oleh Semen Indonesia ini akan selesai di bangun pada 2020 dan pada proses pengerjaanya bisa menyerap hingga 3.000 tenaga kerja. Dalam setahun, lanjutnya, pabrik ini diperkirakan akan mampu memproduksi 3 juta ton semen per tahun.

“Untuk target pendirian pabrik kita akan bicarakan lagi karena menurut saya seharusnya bisa selesai di tahun 2019. Memang ada sedikit kendala untuk menyalurkan logistik tapi saya melihat itu bukan menjadi masalah. Lagi pula Indonesia berpengalaman dalam membangun pabrik semen,” ujarnya.

Dia menegaskan, program pembangunan pabrik semen adalah kepentingan nasional. Pemerintah dalam hal ini pihak Kemenperin memberikan dukungan penuh antara lain dalam hal perijinan pabrik.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA