Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Topang Wisata Borobudur, Jalur Kereta Yogya-Magelang akan Direaktivasi

Senin 07 Nov 2016 18:21 WIB

Rep: neni ridarineni / Red: Budi Raharjo

Wisatawan memotret matahari terbit dari Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tenngah.

Wisatawan memotret matahari terbit dari Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tenngah.

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA –- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan survei dari Yogyakarta menuju Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, untuk reaktivasi jalur kereta api. Reaktivasi jalur kereta api untuk menunjang pariwisata ke Candi Borobudur.

"Sekarang baru survei . Kita lihat dulu faktanya seperti apa. Ini baru titik pertama," kata Budi saat melihat sebagian rel yang dulunya menjadi jalur kereta api Magelang-Yogyakarta di depan Kantor Samsat, Bumijo, Yogyakarta, Senin (7/11).  

Dalam kunjungannya Menteri Perhubungan didamping Dirjen Perkeretapian Prasetyo. Ketika ditanya apa tujuan reaktivasi jalur kereta api ini, ia menjawab, "Supaya Borobudur laku."

Mantan Direktur Angkasa Pura II ini juga meninjau jalur kereta api hingga Sentolo. Manajer Humas Daop 6 PT KAI Yogyakarta Eko Budiyanto menambahkan reaktivasi dimaksudkan untuk membangun jalur kereta api dari Yogyakarta ke Borobudur atau sebaliknya. Ada beberapa alternatif antara lain: dari Stasiun Patukan ke Borobudur, dari Sentolo ke Borobudur. Tetapi ini masih disurvei oleh Kementerian Perhubungan dan Dinas Perhubungan DIY.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA