Jumat, 14 Sya'ban 1440 / 19 April 2019

Jumat, 14 Sya'ban 1440 / 19 April 2019

Jokowi Ingin Produk Desa Mendunia

Selasa 27 Sep 2016 18:04 WIB

Rep: satria kartika yudha/ Red: Esthi Maharani

ecommerce

ecommerce

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi)  menginginkan agar ekonomi digital di Indonesia secepatnya dikembangkan. Jokowi tidak ingin Indonesia semakin tertinggal dengan negara-negara lain.

Sebagai langkah awal, Jokowi ingin agar pemerintah dapat membangun sebuah sistem yang dapat memasarkan produk-produk desa ke pasar dunia.

"Kita harus membangun channel atau sistem platform logistik dunia dengan produk-produk yang berada di kampung-kampung dan desa-desa," kata Jokowi dalam rapat terbatas mengenai e-commerce di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (27/9).

Jokowi sudah menugaskan Menkominfo Rudiantara untuk membuat sistem tersebut. Menurut Jokowi, pemerintah perlu memberikan proteksi dan dukungan untuk memasarkan produk-produk desa dan kampung. Sebab, usaha kecil mikro dan menengah merupakan salah satu tulang punggun perekonomian bangsa.

"Kita harus bisa mengkoleksikan seluruh produk yang ada di kabupaten kota dan pulau-pulau yang tersebar di seluruh wilayah," ujar Jokowi.

Selain pemasaran, Jokowi juga ingin agar para pelaku bisnis pemula diprioritaskan mendapat akses permodalan. Jokowi menilai, anak-anak muda Indonesia banyak yang memiliki potensi besar dalam hal ekonomi digital.

"Yang tak boleh dilupakan juga adalah latihan pengembangan kapasitas bagi pemula e-commerce sehingga semakin mampu bersaing di dunia bisnis," ujar Jokowi.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA