Wednesday, 23 Syawwal 1440 / 26 June 2019

Wednesday, 23 Syawwal 1440 / 26 June 2019

Kembangkan IKM, Kemenperin Bisa Kerja Sama dengan Bekraf

Sabtu 02 Apr 2016 17:17 WIB

Rep: Wisnu Aji Prasetiyo/ Red: Hazliansyah

Didik J Rachbini

Didik J Rachbini

Foto: Musiron/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat Ekonomi Didik J Rachbini menilai Kementerian Perindustrian tidak bisa berjuang sendiri dalam memajukan industri nasional. Menurut dia, perlu adanya kerjasama dari lembaga lain.

Didik mencontohkan kerja sama dapat dilakukan dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Bekraf, kata dia, merupakan lembaga pemerintah yang tepat untuk diajak kerja sama dengan Kemenperin.

Menurut dia, dalam program Kemenperin terdapat program Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang diyakini dapat menumbuhkan industri di Indonesia.

"Pak Menteri harus kerja sama dengan Bekraf untuk kembangkan IKM di Indonesia," kata Didik dalam diskusi Waspada Deindustrialisasi di Warung Daun Jakarta Pusat, Sabtu (2/4).

Didik melanjutkan, jika kerja sama tersebut dapat dilakukan dengan baik maka industri nasional pun akan kuat untuk bersaing.

"Contohnya, Kemenperin dan Bekraf menyiapkan IKM yang siap untuk bersaing di global," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian Saleb Husin menilai kondisi ekonomi global yang belum stabil menimbulkan sejumlah kekhawatiran. Salah satunya ancaman deindustrialisasi.

Namun, Saleh mengaku telah memiliki rencana untuk meminimalkan kekhawatiran tersebut. Menurut dia, menjaga dan mempertahankan industri dalam negeri menjadi prioritas Kementerian Perindustrian saat ini.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA