Sabtu, 17 Zulqaidah 1440 / 20 Juli 2019

Sabtu, 17 Zulqaidah 1440 / 20 Juli 2019

BI Optimistis Inflasi Capai Target

Jumat 15 Agu 2014 15:25 WIB

Red: Nidia Zuraya

Inflasi

Inflasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Indonesia (BI) optimistis laju inflasi sepanjang 2014 mencapai target 4,5 persen plus-minus satu persen walau harga elpiji 12 kilogram akan dinaikkan pada pertengahan Agustus 2014.

"Kalau seandainya ada kenaikan elpiji, itu sudah masuk dalam pertimbangan kita," kata Gubernur BI Agus Martowardojo saat ditemui usai Sidang Bersama DPR dan Anggota DPD dalam rangka Pidato kenegaraan Presiden dalam HUT RI ke 69 di Jakarta, Jumat (15/8).

Agus menuturkan, tidak hanya kenaikan elpiji yang sudah masuk dalam hitungan komponen yang berkontribusi terhadap inflasi, pihaknya juga sudah memperhitungkan komponen lainnya. "Jadi masih ada resiko kenaikan listrik, khususnya konsumen, masih ada juga kenaikan listrik industri, serta masih da risiko elnino," ujar Agus.

Sebelumnya, setelah kenaikan elpiji pada 1 Januari 2014, rencananya Elpiji 12 kg akan naik pada 1 Juli 2014 lalu. Namun, mempertimbangkan pemangku kepentingan lain, dan juga bertepatan dengan momen lebaran serta tahun ajaran baru, maka Pertamina menunda kenaikan harga Elpiji 12 kg.

Kenaikan harga Elpiji 12 kg sendiri sebenarnya tidak perlu meminta persetujuan dari pemerintah, karena bukan termasuk barang yang mendapatkan subsidi. Akan tetapi, Pertamina memiliki kewajiban melaporkan sesuai dengan ketentuan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA