Tuesday, 20 Zulqaidah 1440 / 23 July 2019

Tuesday, 20 Zulqaidah 1440 / 23 July 2019

Pemerintah dan BI Siap Bersatu Redam Inflasi 2014

Jumat 07 Feb 2014 06:15 WIB

Rep: Muhammad Iqbal/ Red: Nidia Zuraya

Kelompok Bahan Makanan Menyumbang Andil Inflasi Terbesar

Kelompok Bahan Makanan Menyumbang Andil Inflasi Terbesar

Foto: Republika/Prayogi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa memimpin rapat koordinasi pangan serta pengendalian inflasi di kantor Kemenko Perekonomian, Kamis (6/2).

Turut hadir dalam rapat antara lain Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan, Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi, Kepala Badan Pusat Statistik Suryamin dan Gubernur Bank Indonesia Agus Dermawan Wintarto Martowardojo.

Dalam keterangan pers seusai rapat, Hatta menjelaskan, rapat membahas ketersediaan bahan pangan pokok kebutuhan masyarakat, baik dari sisi produksi, ketersediaan pasokan hingga stabilisasi harga. "Pasokan pangan dalam keadaan cukup. Walaupun, ada gangguan distribusi akibat curah hujan tinggi dan banjir, tidak ada laporan kelangkaan di seluruh tanah air. Pangan tersedia dengan harga yang relatif stabil," kata Hatta.

Khusus untuk menjaga agar inflasi di tahun kuda kayu selaras dengan target pemerintah dan BI yaitu 4,5 persen plus minus satu persen, Hatta menyebut koordinasi dengan BI terus dilakukan. Begitu pula kerja sama dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID). "Daerah dilibatkan agar masing-masing menjaga inflasi di daerahnya. Karena inflasi itu agregat di seluruh daerah di Tanah Air," ujar Hatta.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA