Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Apa Saja yang Dicari Ibu-Ibu di Internet? Ini Temuan Google

Jumat 23 Feb 2018 02:16 WIB

Red: Nur Aini

Keluarga bermain internet (ilustrasi)

Keluarga bermain internet (ilustrasi)

Foto: IST
Pencarian konten tentang mendidik anak di Google dan Youtube meningkat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 60 persen masyarakat Indonesia terhubung dengan internet pada 2018 dan satu dari empat pengguna internet di Indonesia atau 25 persen merupakan seorang ibu. Temuan itu berdasarkan penelitian Google bersama Kantar Worldpanel.

"Ada tiga fase, dari mulai kehamilan, memiliki bayi, dan cara mendidik anak yang dicari ibu," ujar Analis industri Google Indonesia Ariani Dwijayanti di Jakarta, Kamis (22/2).

Pencarian konten tentang mendidik anak di Google dan Youtube di Indonesia meningkat 26 persen pada 2017 dibandingkan tahun sebelumnya. Waktu menonton saluran konten mendidik anak di Youtube meningkat 4,7 kali.

"Ditonton banyak itu tips edukasi buat anaknya, seperti cara berhitung, cara membaca, macam-macam suara binatang," kata Ariani.

Tidak hanya mencari dan menonton konten mendidik anak, sejumlah ibu juga mulai membuat konten mendidik anak, meskipun jumlahnya masih kecil. Selain pencarian mengenai proses kehamilan dan cara mendidik anak, menurut Ariani, masyarakat Indonesia memiliki rasa penasaran yang tinggi tentang produk anak dan keluarga.

Sementara itu, Direktur Marketing Frisian Flag Indonesia Felicia Juliana mengatakan ibu-ibu di Indonesia senang mengobrol dan berbagi informasi, khususnya dalam forum di laman mengenai ibu dan bayi. "Forum tempat aktif dikunjungi 12 juta visitor setahun, paling digemari forum bertanya ibu dilakukan dengan mudah tidak cuma telepon, bisa online berbagi cerita dan tips," ujar dia.

Mengetahui kecenderungan tersebut, Felicia mengatakan pihaknya membuat artikel untuk memaparkan informasi dari para pakar untuk para ibu yang aktif mencari informasi. Menurut dia, artikel yang paling banyak dibaca mengenai kehamilan karena merupakan tahapan kehidupan paling besar dalam hidup seorang ibu, selanjutnya mengenai tumbuh kembang anak.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA