Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

Ini Progres Proyek Jalur Kereta Api di Sulsel

Sabtu 28 Okt 2017 09:54 WIB

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Esthi Maharani

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau proyek jalur kereta di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, Jumat (27/10)

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau proyek jalur kereta di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, Jumat (27/10)

Foto: Rahmat Fajar/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan progres proyek jalur kereta api di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan sedang berlangsung. Jalur yang sudah terpasang rel sepanjang 16 kilometer. Sementara 31 kilometer masih berupa badan jalan.

"Sekarang sudah 16 kilometer kira-kira. Tahun depan sudah jadi 47 km. Tahun 2019 jadi 107 km," ujar Budi saat meninjau lokasi proyek, di Barru, Sulsel, Jumat (27/10).

Pembangunan jalur kereta api tersebut nantinya akan terhubung dengan Pelabuhan Garongkong. Namun untuk tahap awal pemerintah akan menyelesaikan sepanjang 47 km yang ditarget selesai akhir 2018.

Setelah itu selesai, pemerintah akan mengundang investor dari dalam maupun luar negeri guna menggarap sisa jalur tersebut. Pemerintah akan segera membuka tender.

"Kita mau mulai proyek ini, fasilitas kereta ini untuk logistik. Logistik paling tidak ada tiga pabrik semen di sini, Bosowa, Fajar, Conch," kata Budi.

Dari proyek ini, pemerintah mengharapkan bisa mendapatkan income dari mengangkut logistik. Budi menegaskan proyek ini bisa menjadi proyek Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA