Wednesday, 12 Rabiul Akhir 1440 / 19 December 2018

Wednesday, 12 Rabiul Akhir 1440 / 19 December 2018

Ini Agenda NTB Gaet 4 Juta Wisatawan Tahun Depan

Rabu 25 Oct 2017 15:35 WIB

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Nur Aini

Taman Wisata Alam Gunung Tunak, Lombok, NTB.

Taman Wisata Alam Gunung Tunak, Lombok, NTB.

Foto: Republika/M Nursyamsyi

REPUBLIKA.CO.ID,MATARAM -- Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Muhammad Faozal optimistis target 4 juta wisatawan ke NTB pada 2018 akan tercapai. Keyakinan ini dilatarbelakangi tren kunjungan wisatawan ke NTB dalam beberapa tahun terakhir. Pada 2016, NTB berhasil mendatangkan 3,2 juta wisatawan atau melebihi target yang ditetapkan sebanyak 3 juta wisatawan.

"Pada tahun ini dari 3,5 juta target, sudah tercatat ada 3,1 juta wisatawan yang datang," kata Faozal ujar Faozal di sela-sela rapat koordinasi tata kelola destinasi wisata NTB di Hotel Lombok Garden, Mataram, NTB, Rabu (25/10).

Faozal menjelaskan, peningkatan angka kunjungan wisatawan ke NTB tergambar dari tingginya tingkat okupansi hotel yang ada di NTB. Pada 2017 misalnya, rata-rata okupansi kamar hotel di NTB berkisar di angka 65 persen hingga 70 persen, melonjak drastis hingga menyentuh angka 100 persen pada periode puncak atau peak season.

Penyelenggaraan sejumlah kegiatan berskala nasional hingga internasional pada 2018 menjadi alasan optimisnya Pemprov NTB meraih 4 juta wisatawan. Hal itu seperti, ajang Komodo Exercise Mei 2018 yang melibatkan 43 kapal perang negara-negara yang akan merapat ke Selat Lombok dan berkunjung ke sejumlah destinasi wisata di Lombok.

Puluhan ribu peserta akan menghadiri acara tersebut dan menjadi ajang promosi yang sangat positif bagi sektor pariwisata NTB. Selain itu, ada kegiatan IMF di Bali, di mana Menteri Pariwisata Arief Yahya mengarahkan para peserta diajak untuk menikmati destinasi wisata di Lombok.

"Kita juga punya event nasional seperti Tour de Lombok yang akan dihadiri ribuan orang," kata Faozal.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA