Senin, 13 Jumadil Akhir 1440 / 18 Februari 2019

Senin, 13 Jumadil Akhir 1440 / 18 Februari 2019

Menhub: Jalan Tol Bandung-Yogyakarta Sedang Direncanakan

Ahad 06 Agu 2017 17:37 WIB

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Bilal Ramadhan

Pembangunan Jalan Tol/Ilustrasi

Pembangunan Jalan Tol/Ilustrasi

Foto: Republika

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Saat berkunjung ke Cilacap, Menteri Perhubungan, Budi Karya juga menyampaikan rencana pemerintah untuk membangun tol dan pelabuhan di kawasan Jawa Tengah bagian selatan.

''Selama ini, wilayah Jawa Tengah bagian selatan memang masih dipetakan sebagai daerah yang belum terkoneksi maksimal. Sudah ada KA dan jalur darat, tapi belum terkoneksi maksimal,'' jelasnya, Ahad (6/8).

Untuk itu, Menhub menyatakan, beberapa sarana perhubungan yang akan dibangun untuk mewujudkan interkoneksi antarwilayah di Jawa bagian selatan, adalah dengan membangun tol dan juga pelabuhan yang memadai.

''Untuk pembangunan tol, pemerintah berencana akan membangun tol yang mengubungkan antara Bandung, Tasikmalaya, Cilacap, hingga kemudian ke Yogya,'' katanya.

Meski demikian, mengenai kapan pembangunan tol itu bisa direalisasikan, Menhub belum bisa memastikan. ''Itu domainnya Menteri PU. Tapi kemungkinan tahun depan sudah bisa mulai dilaksanakan,'' katanya.

Selain itu, Menhub juga menyatakan akan memaksimalkan pelabuhan yang saat ini sudah ada di Cilacap. Menurutnya, Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap, selama ini baru dimanfaatkan sebagai pelabuhan kedatangan sapi impor.

''Ke depan kita akan berupaya agar pelabuhan tersebut juga bisa menjadi pelabuhan logistik lainnya,'' jelasnya.

Menurutnya, bila pembangunan tol dan pelabuhan tersebut bisa terwujud, maka interkoneksi antar wilayah di Jawa akan semakin baik. ''Tidak hanya di utara Jawa saja, tapi di selatan Jawa juga interkoneksi menjadi lebih baik,'' katanya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Perawatan JPO di Kawasan Karet

Senin , 18 Feb 2019, 17:45 WIB