Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Jokowi Dorong Anak Muda Masuki Pasar Ekonomi Kreatif

Kamis 12 Mar 2015 12:48 WIB

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Satya Festiani

Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo

Foto: Antara/Andhika Wahyu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) 2015 yang diselenggarakan oleh Bank Mandiri di Jakarta Convention Center, Kamis (12/3). Dalam acara yang dihadiri oleh ratusan mahasiswa tersebut, presiden mendorong anak muda memasuki pasar ekonomi kreatif.

Menurut Jokowi, peluang bagi usaha yang bergerak di bidang ekonomi kreatif masih terbuka lebar. Dia kemudian menyebut contoh usaha ekonomi kreatif beromset miliaran yang sudah berhasil dikembangkan anak muda Indonesia, seperti Kaskus dan OLX. Presiden menilai, usaha berbasis teknologi seperti itulah yang harus disasar oleh generasi muda.

"Anak saya, saya suruh pegang pabrik mebel sudah enggak mau. Karena senangnya di animasi dan game. Memang ke depan ekonomi kreatif yang seperti itu sangat menjanjikan," ujarnya yang mengenakan kemeja batik lengan panjang, Kamis (12/3).

Dalam kesempatan itu, presiden juga menyampaikan apresiasinya pada para pemenang Anugerah Wirausaha Muda muda yang berhasil mengembangkan usaha unik yang belum ada sebelumnya, misalnya saja pembangkit listrik tenaga arus laut. Menurut Jokowi, ide-ide usaha seperti itulah yang harus didorong agar lebih banyak memberikan manfaat bagi rakyat.

Untuk menunjukkan komitmen pemerintah pada gerakan kewirausahaan, Jokowi memberikan insentif sebesar Rp 100 juta pada lima orang pengusaha muda yang mendapat penghargaan dalam ajang tersebut. "Berikan pada yang usahanya paling unik dan menyentuh masyarakat," kata pria yang pernah berprofesi sebagai eksportir tersebut.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA