Senin 18 Oct 2021 11:39 WIB

PP Selesaikan Pembangunan Sirkuit Mandalika Berstandar FIM

PT PP menerapkan campuran aspal khusus digunakan pada sirkuit balap.

Rep: Novita Intan/ Red: Fuji Pratiwi
Foto udara tikungan ke-10 lintasan Mandalika International Street Circuit saat matahari terbit di KEK Mandalika, NTB (ilustrasi). PT PP menyelesaikan pembangunan Sirkuit Mandalika sesuai standar FIM.
Foto: ANTARA/AHMAD SUBAIDI
Foto udara tikungan ke-10 lintasan Mandalika International Street Circuit saat matahari terbit di KEK Mandalika, NTB (ilustrasi). PT PP menyelesaikan pembangunan Sirkuit Mandalika sesuai standar FIM.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- PT PP (Persero) Tbk menyelesaikan pembangunan lintasan Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat. PP menerapkan inovasi dan teknologi untuk memenuhi spesifikasi tinggi dari Federation Internationale de Motocyclisme (FIM), sehingga masuk kategori kelas A.

Direktur Utama PP Novel Arsyad mengatakan, pembangunan lintasan utama Sirkuit Mandalika sepanjang 4,310 kilometer yang memiliki 17 tikungan. Adapun lingkup pekerjaan yang dilakukan oleh perseroan antara lain Track Lane, Verge, Run off Asphalt, Run off Grass, Gravel Bed, Service Road, Drainage, Concrete Barrier, Tunnel, Race Control, Gantry, Medical Center, Spectator Fences, dan Observation Deck. 

Baca Juga

"Berkat kualitas aspal yang dilakukan, jalan Sirkuit Mandalika dapat digunakan dengan kecepatan puncak hingga 310 kilometer per jam," ujar Novel dalam keterangan resmi, Senin (18/10).

Menurutnya, Sirkuit Mandalika memiliki area paddock yang dapat menampung sampai 50 garasi. Selain itu, sirkuit tersebut memiliki kapasitas sebanyak lebih dari 50 ribu tempat duduk dan 138 ribu area berdiri.

"PT PP telah menerapkan inovasi dalam sistem pengaspalan, salah satunya menggunakan metode BIM untuk memenuhi spesifikasi khusus pembangunan proyek Sirkuit Mandalika. Metode pengaspalan dilakukan secara teliti dan terencana karena pengaturan rute dan ketebalan seluruhnya dilakukan secara otomatis," ucap dia.

Pengaspalan dapat terus berlangsung dan tidak ada waktu tunggu untuk suplai hotmix ke finisher. Maka itu untuk menjaga mutu, perseroan menggunakan dua paver yang dikendalikan secara otomatis dengan berbasis automatic hydraulic control dengan alat yang bernama MMGPS untuk mencapai Elevasi dan Superelevasi rencana yang presisi serta menggunakan dua finisher agar tidak terjadi cold joint sambungan memanjang.

Novel mengatakan, PT PP menerapkan campuran aspal khusus digunakan pada sirkuit balap, yaitu Stone Mastic Asphalt (SMA). Adapun keunggulan yang dimiliki oleh aspal SMA, salah satunya adalah daya cengkram dengan roda yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kecepatan dan kemudahan manuver berkendara pada pengendara.

Proses pengerjaan aspal untuk jalan Sirkuit Mandalika yang berlokasi di Lombok Tengah itu telah berhasil dituntaskan 100 persen pada Agustus 2021. Adapun penyelesaian pembangunan sirkuit tersebut dalam upaya mendukung gelaran perdana FIM Motul World Superbike 2021 yang diselenggarakan pada 10-21 November 2021 yang diharapkan mampu mendongkrak kunjungan wisatawan datang ke Indonesia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement